Salin Artikel

Patung Ganesha Baru Dipasang di Bibir Kawah Bromo, Menggantikan yang Hilang

PROBOLINGGO, KOMPAS.com - Patung ganesha di bibir kawah Bromo yang hilang karena jatuh ke kawah, akhirnya diganti dengan patung ganesha yang baru.

Kepala Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Sunaryono menjelaskan, patung ganesha yang baru itu diletakkan pada Jumat (2/6/2023) dini hari.

"Patung ganesha yang baru dipasang di tempat yang sama dengan patung ganesha yang hilang, di sebelah tempat sesaji. Patungnya lebih besar sedikit dari patung lama yang hilang, warnanya abu-abu," kata Sunaryono saat dihubungi, Jumat.

Menurut Sunaryono, patung tersebut didatangkan dari Balai Pelestarian Cagar Budaya Trowulan Mojokerto.

Proses mendatangkan patung ganesha yang baru tersebut dibantu oleh perseorangan dari Trowulan melalui paruman dukun pandita atau pemimpin upacara adat warga Suku Tengger.

"Kebetulan (proses mendatangkan patung) lewat dukun pandita yang berdomisili di Pasuruan, tepatnya Desa Tosari," ujar Sunaryono.

"Bukan kita yang mendatangkan patung tersebut tapi ada yang mendatangkan atau menyumbang. Bahkan, sudah ada yang menghubungi Romo Dukun bahwa ada yang mau menyumbang lagi," jelas Sunaryono.

Proses peletakan patung dilakukan melalui ritual yang dipimpin dukun pandita. Kebetulan Suku Tengger akan merayakan Yadnya Kasada pada Minggu (4/6/2023).

Sunaryono menambahkan, ada patung ganesha atau tidak, tidak berpengaruh terhadap pelaksanaan Yadnya Kasada. Sebab, yang dipegang Suku Tengger adalah filosofinya.

Filosofi ganesha adalah simbol ilmu pengetahuan. Karenanya, warga Suku Tengger harus memiliki ilmu pengetahuan dalam menjalani kehidupan.

"Untuk warga non-Tengger, saya berharap mari kita jaga toleransi agar hubungan antar sesama tetap berjalan rukun," pungkas Sunaryono.

Diberitakan sebelumnya, Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi menegaskan, patung ganesha yang hilang di bibir kawah Bromo bukan karena dicuri. Melainkan, patung itu jatuh ke dalam kawah.

Patung berbahan cor itu diduga terkena angin kencang sehingga jatuh ke dalam kawah.

"Kami memastikan bahwa patung tersebut tidak dicuri melainkan jatuh ke bawah lereng kawah Gunung Bromo," kata Arsya saat menggelar konferensi pers di Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Sukapura, Sabtu (20/5/2023).

https://surabaya.kompas.com/read/2023/06/02/221739278/patung-ganesha-baru-dipasang-di-bibir-kawah-bromo-menggantikan-yang-hilang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke