Salin Artikel

Ada Patung Buddha Tidur Raksasa di Vihara Dhammadipa Arama Kota Batu

KOMPAS.com - Vihara Dhammadipa Arama adalah tempat ibadah dan wisata religi yang ada di Jalan Ir Soekarno, Desa Mojorejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur.

Selain memiliki ikon berupa bangunan replika Shwedagon Pagoda yang ada di Myanmar, Vihara Dhammadipa Arama juga memiliki Patung Buddha Tidur.

Keberadaan Patung Buddha Tidur sebagai bagian dari Vihara memang menarik kunjungan masyarakat, baik yang ingin beribadah maupun berwisata religi.

Dilansir dari laman resmi Pemerintah Kota Batu, patung Buddha berwarna emas ini memiliki ukuran cukup besar, yaitu mencapai 9,5 meter panjangnya.

Patung Buddha Tidur di Vihara Dhammadipa Arama ini dibuat oleh seorang pematung asal Kota Blitar pada tahun 1997.

Selain megah, Patung Buddha Tidur ini menjadi istimewa karena tidak semua Vihara di Indonesia memiliki patung ini.

Dilansir dari suryamalang.tribunnews.com (31/5/2023), jelang peringatan Waisak tahun 2023, patung Buddha tidur raksasa berwarna emas yang ada di dalam Vihara juga turut dibersihkan.

Karena ukurannya yang besar, untuk membersihkan patung ini diperlukan tenaga sebanyak 3-4 biksu.

Mengenal Vihara Dhammadipa Arama

Dilansir dari Kompas.com (15/5/2022), Vihara Dhammadipa Arama yang merupakan salah satu vihara terbesar di Jawa Timur ini memiliki fasilitas yang lengkap.

Mulai dari tempat ibadah atau disebut Dhammasala, museum, Pagoda dan Patung Buddha Tidur.

Ada juga Sekolah Tinggi Agama Buddha Kertarajasa (STAB Kertarajasa) untuk melatih orang menjadi Dhamma (ajaran Buddha) dengan lebih intensif.

Selain itu, juga terdapat pusat meditasi yang disediakan tanpa mengajarkan agama tertentu.

Selanjutnya terdapat tempat pentasbihan khusus para Bhikkhu, di mana di Indonesia hanya dua vihara saja yang memiliki fasilitas untuk aliran Theravada ini yaitu di Jakarta dan Batu.

Di Vihara Dhammadipa Arama juga menyimpan Relik atau sisa bagian tubuh dari seseorang yang telah mencapai tingkat tertinggi dalam melaksanakan ajaran Sang Buddha.

Secara berkala Relik di Vihara Dhammadipa Arama akan dibacakan paritta-paritta atau ayat suci.

Sumber: 
batukota.go.id, suryamalang.tribunnews.com, dan surabaya.kompas.com (Penulis : Kontributor Malang dan Batu, Nugraha Perdana, Editor : Gloria Setyvani Putri)

https://surabaya.kompas.com/read/2023/05/31/180927278/ada-patung-buddha-tidur-raksasa-di-vihara-dhammadipa-arama-kota-batu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke