Salin Artikel

Cerita Nenek Isnatin Calon Haji Usia 94 Tahun Asal Pacitan, Sudah Daftar sejak Tahun 2014

Warga Desa Bangunsari, Kecamatan/Kabupaten Pacitan, itu menjadi calon jemaah haji tertua di Pacitan, Jawa Timur.

Saat ditemui di rumahnya, Nenek Isnatin terlihat menata kopernya.

Nenek yang mempunyai 13 cucu dan 18 cicit ini meneliti satu per satu pakaian yang akan dibawa dibantu dengan anaknya, Umi Kalsum.

Rencananya, Umi Kalsum anak kelimanya akan mendampingi Nenek Isnatin berangkat ibadah haji.

Keduanya siap berangkat masuk kloter 6 dengan 168 jemaah haji asal Pacitan, 177 jemaah haji asal Pamekasan dan 100 jemaah haji asal Surabaya.

“Alhamdulillah bisa berangkat. Saya menunggu sejak 9 tahun lalu. Tepatnya 2014 mendaftar haji bareng anak saya,” ujar perempuan yang lahir pada tanggal 30 juni 1930 ini.

Dia mengaku tidak mudah untuk bisa melunasi biaya perjalanan ibadah haji (BIPIH). Untuk biaya haji, ia menabung hasil jualan jilbab dan hasil pertanian.

“Sedikit demi sedikit akhirnya dapat melunasi biaya haji. Melunasi BIPIH,” kata sang anak Umi Kalsum yang mendampingi Nenek Isnatin.

Umi mengaku bahwa keberangkatan haji keduanya sempat tertunda dua tahun. Lantaran tahun 2020 keduanya tidak bisa berangkat karena dampak pandemi Covid-19.

Kemudian, di tahun 2022 kembali harus memupus harapannya.

Karena dalam melaksanakan rukun Islam yang kelima ini lantaran terkendala peraturan pembatasan usia.

“Bisa berangkat dengan senang hati. Alhamdulillah bisa mendampingi ibu saya. Doakan sehat selalu. Berangkat dan pulang bisa sehat,” urainya.

Dia mengaku, walaupun sudah sepuh, Nenek Isnatin menyambut suka cita. Keluarga pun memilih untuk membelikan kursi roda.

“Agar lebih mudah saat disana (tanah suci). Kami belikan kursi roda. Tentu juga vitamin dan obat-obat an pribadi kami siapkan,” pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di TribunJatim.com dengan judul Perjuangan Nenek Isnatin, CJH Tertua di Pacitan Naik Haji Berkat Jualan Jilbab dan Hasil Pertanian

https://surabaya.kompas.com/read/2023/05/25/111200378/cerita-nenek-isnatin-calon-haji-usia-94-tahun-asal-pacitan-sudah-daftar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke