Salin Artikel

Pasangan Remaja di Kediri Simpan Jasad Bayi di Jok Motor

KEDIRI, KOMPAS.com - Sebuah penyelidikan polisi tengah berlangsung menyusul adanya temuan jasad bayi laki-laki di jok sebuah motor yang terparkir di halaman Puskesmas Ngadiluwih, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Penyelidikan terhadap peristiwa itu kini bergulir di Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Kediri, usai pelimpahan perkara dari Polsek Ngadiluwih.

Temuan yang terjadi pada Senin (22/5/2023) itu lantas mengarah pada pasangan remaja tanpa hubungan nikah yang diduga sebagai pelakunya, yaitu pemuda berinisial MR (18) dan pasangan perempuannya, DA (19), yang diduga ibu bayi itu.

Namun hingga saat ini belum ada pihak yang ditetapkan sebagai tersangka dalam perkara tersebut.

Kepala Unit PPA Satreskrim Polres Kediri Inspektur Dua (Ipda) Yahya Ubaid mengatakan, pihaknya belum menetapkan tersangka karena masih dalam tahap penyelidikan.

" Semua masih dalam proses penyelidikan petugas," ujar Yahya Ubaid pada Kompas.com, Rabu (24/5/2023).

Penetapan tersangka, Ubaid menjelaskan, baru bisa dilakukan jika nantinya telah dilakukan pemeriksaan perkara secara menyeluruh dan diketahui ada tidaknya pelanggaran pidana. Dan itu, menurutnya, membutuhkan proses yang panjang.

"Kita nanti harus mengetahui penyebab kematiannya (bayi) karena apa. Misal ada kekerasan atau tidak. Terus ada upaya aborsi apa ndak. Nah, itu, pemeriksaannya masih juga perlu saksi ahli," ungkapnya.

Apalagi hingga saat ini pihaknya belum bisa memeriksa DA karena kondisi kesehatannya, serta belum keluarnya hasil autopsi jasad bayi dari laboratorium forensik Polda Jawa Timur.

"Yang bersangkutan masih dalam perawatan rumah sakit. Kita menunggu kondisinya membaik," lanjutnya.

Permintaan keterangan, masih kata Ubaid, sementara baru bisa dilakukan terhadap saksi-saksi termasuk MR yang saat ini dikenai wajib lapor.

Awal mula temuan

Informasi yang dihimpun, peristiwa itu bermula dari kedatangan MR dan DA ke puskesmas setempat, Senin (22/5/2023) sekitar pukul 08.30 WIB dengan mengendarai motor. MR hendak memeriksakan kesehatan DA.

Saat itu petugas puskesmas yang memeriksa DA curiga bahwa perempun itu baru melahirkan. Namun DA tidak mengelaknya. DA lantas memberitahukan bahwa bayinya berada di rumah.

Namun saat petugas puskesmas dibantu perangkat desa memeriksa rumah, tidak menemukan bayi tersebut.

Hingga kemudian MR mengakui bayi itu disimpan di jok motor. Petugas mengecek kebenaran ucapan DA dan memang benar menemukan jasad bayi.

Dari pemeriksaan awal, DA melahirkan bayi laki-laki dengan bobot 1,3 kilogram dan diduga berusia tujuh bulan kandungan itu di kamar mandi rumahnya pada Rabu pagi sekitar pukul 05.00 WIB seorang diri.

Bayi yang diakui DA meninggal sejak dilahirkan itu lantas dimasukkannya ke kantong plastik.

MR yang dihubungi DA datang ke rumah sekitar pukul 06.00 WIB, lantas mengambil kantong plastik itu lalu menyimpannya ke dalam jok motor dengan rencana akan dikebumikan.

Namun sebelum mengubur jasad bayi itu, MR mengajak DA memeriksakan kondisi kesehatannya ke puskesmas, dan dari situlah terungkap perkara tersebut.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/05/24/143352978/pasangan-remaja-di-kediri-simpan-jasad-bayi-di-jok-motor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke