Salin Artikel

Ditanya soal Jadi Cawapres, Begini Kata Khofifah

Nama Khofifah kerap disebut dalam sejumlah survei terkait Pilpres. Hasil survei Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia misalnya, yang menyebutkan nama Khofifah memiliki elektabilitas 5,7 persen. 

Khofifah hanya mengatakan ia akan diam saja dalam bahasa Jawa jika ditanya soal Pilpres.

"Opo aku tak meneng ae (apa saya diam saja)," ucap Khofifah kepada wartawan di Lahan Padi Kelurahan Mimbaan, Kecamatan Panji, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur Selasa (23/5/2023).

Wartawan kembali bertanya apakah ia sudah membahas soal cawapres dengan bakal calon presiden yang ada saat ini, Khofifah hanya tersenyum.

Khofifah pada Februari lalu sempat bertemu bakal calon presiden dari Partai Gerindra Prabowo Subianto di Surabaya. Namun tak ada penjelasan detail terkait pertemuan tersebut, baik dari Khofifah maupun Prabowo.

Saat itu, Khofifah mengatakan, pertemuan tersebut hanya silaturahmi.

Khofifah, menurut Wakil Ketua Umum Gerindra Rahayu Saraswati, menjadi salah satu nama yang diusulkan Internal Gerindra untuk mendampingi Prabowo. 

Nama mantan menteri sosial itu juga disebut sejumlah pihak untuk mendampingi bakal calon presiden dari Partai Nasdem, PKS, dan Demokrat, Anies Baswedan.

Anggota Dewan Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman mengatakan, Khofifah bersama Agus Harimurti Yudhoyono, dan mantan gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan cocok mendampingi Anies.

Hal yang sama juga dikatakan mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin.

Sementara dalam survei yang dirilis Indikator Politik, elektabilitas Khofifah 5,7 persen. Ia di bawah lima nama lain yakni Sandiaga Uno (24,5 persen), Ridwan Kamil (18,3 persen), Erick Thohir (15,3 persen), Mahfud MD (13,7 persen), dan Agus Harimurti Yudhoyono 7,5 persen.

Namun, ia di atas Muhaimin Iskandar yang memiliki elektabilitas 1,1 persen.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/05/24/072242878/ditanya-soal-jadi-cawapres-begini-kata-khofifah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke