Salin Artikel

Ratusan Calon Haji Kloter 1 Tiba di Asrama Haji Surabaya

Kepala Kanwil Kemenag Jatim Husnul Maram memastikan kesehatan Calon Jamaah Haji (CJH) sebelum melakukan keberangkatan ke tanah suci, Mekkah.

Meskipun dinyatakan sehat, pihaknya tetap melakukan pemeriksaan CJH, terutama para jemaah lanjut usia (lansia).

"Kuota lansia 174 kloter (pertama) ini, usia 60 tahun ke atas semuanya dinyatakan sehat. Yang butuh ditekan itu restitusi, yang enggak sampai 60 tahun punya penyakit cukup tinggi disendirikan," kata Husnul di Surabaya, Selasa (23/5/2023).

Pantauan Kompas.com, saat pemeriksaan kesehatan jemaah haji, ada sejumlah lansia yang dibawa ke Poliklinik.

Mengenai hal itu, Husnul menjelaskan bahwa para lansia itu dibawa ke poliklinik untuk memastikan kondisi kesehatannya.

"Nanti diperiksa secara lab di sana, kita lihat itu ada (sakit apa tidak). Ini untuk memastikan saja. Kalau sehat ya sehat," ujar dia.

Menurut Husnul, beberapa calon jemaah haji yang diperiksa di poliklinik hanya kelelahan karena mengikuti serangkaian persiapan pelaksanaan keberangkatan CJH 2023.

"Kalau orang desa kan kebanyakan melekan (begadang). Satu minggu sebelumnya, bahkan ketika mau berangkat pun, aktivitasnya masih tinggi," ungkap Husnul.

Jika dalam pemeriksaan lanjutan ada CJH lansia yang tidak memungkinkan untuk berangkat berhaji, pihaknya akan melakukan pendampingan kesehatan di Asrama Haji.

Apabila tidak bisa mengikuti keberangkan dengan rombongan kloter pertama, mereka nantinya bisa mengikuti kloter berikutnya.

Namun, ia berharap semua CJH yang sudah terdaftar tidak memiliki kendala kesehatan, sehingga semua CJH bisa berangkat dengan aman dan lancar.

"Dilihat dulu nanti kasusnya seperti apa. Kalau tidak ada rujukan RS masih bisa diatasi di asrama, itu langsung bisa berangkat. Bisa (berangkat kloter berikutnya) juga. Tapi mudah-mudahan tidak ada yang seperti itu," kata dia.

Sementara itu, Kabag TU Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 1 Surabaya Hari Susanto mengatakan, pemeriksaan seluruh CJH telah dilakukan di tingkat kabupaten atau kota.

Sehingga ketika tiba di Asrama Haji, petugas kesehatan di asrama hanya mengecek kembali kesehatan mereka.

"Jadi sesampainya di sini (asrama haji) dilihat tensi dan HB-nya. Sudah sesuai dengan yang dipersyaratkan apa tidak," ujar dia.

Guna mengantisipasi cuaca yang panas akhir-akhir ini, pihaknya mengimabu kepada calon haji untuk membawa semprotan air.

"Kami sudah sediakan obat-obatan juga. Kami juga sudah menyampaikan kepada petugas kota dan kabupaten agar memberi tahu semua jemaah untuk membawa alat semprot," tutur dia.

Terpisah, Communication & Legal Section Head Bandara Juanda Yuristo Ardhi Hanggoro menambahkan, CJH embarkasi Surabaya kloter pertama akan diberangkat besok, Rabu (23/5/2023).

Mereka akan berangkat dari Terminal 1 Bandara Juanda.

"Jadwal keberangkatan bus yang mengangkut CJH dari Asrama Haji pukul 06.35 WIB dan jadwal take off pesawat pukul 09.15 WIB," tutur dia.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/05/23/204437178/ratusan-calon-haji-kloter-1-tiba-di-asrama-haji-surabaya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke