Salin Artikel

Kecelakaan Maut Truk Tabrak 5 Kendaraan di Kota Batu Diduga akibat Kelalaian Sopir

BATU, KOMPAS.com - Pihak kepolisian masih menyelidiki peristiwa kecelakan maut yang terjadi di Kota Batu, Jawa Timur, pada Selasa (16/5/2023).

Kecelakaan yang melibatkan truk, mobil dan sepeda motor itu mengakibatkan tiga orang tewas.

Diduga, kecelakaan itu dipicu oleh kelalaian sopir truk. Namun, hingga kini sopir truk belum bisa dimintai keterangan karena masih dalam keadaan kritis.

"Saat ini masih proses penyidikan, kondisi sopir atau pengemudi truk masih kritis, luka di kepala karena benturan keras, sehingga belum bisa diajak komunikasi, belum bisa dimintai keterangan," kata Kasat Lantas Polres Batu, AKP Lya Ambarwati, Rabu (17/5/2023).

Lya menyampaikan, ada dugaan kelalaian dari sopir truk karena menerobos jalur Klemuk atau Jalan Rajek Wesi, Kelurahan Dadaprejo. Jalur itu dilarang untuk dilalui kendaraan berat.

Sehingga, sopir truk terancam dikenai sanksi pidana sesuai dengan Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ).

"Berdasarkan keterangan kernet diduga ada faktor kelalaian (sopir). Tetapi hal itu masih dalam proses penyidikan. Karena jalur Klemuk itu tidak dapat dilewati kendaraan berat dan sudah terdapat rambu," katanya.

Lya juga memastikan bahwa penyebab kecelakaan itu karena truk mengalami rem blong sehingga menabrak kendaraan di depannya.

Sementara itu, selain menyebabkan tiga korban tewas, kecelakaan itu juga menyebabkan empat korban terluka dan masih dirawat di rumah sakit.

"Rata-rata masih mengalami luka ringan dan berat," kata Lya.

Sebelumnya diberitakan, truk terbuka terlibat kecelakaan hebat di Jalan Raja Weksi atau Klemuk, Kelurahan Dadaprejo, Kota Batu, Jawa Timur, Selasa (16/5/2023) sekitar pukul 16.30 WIB. Truk bermuatan tiga ekor sapi menabrak satu mobil dan empat sepeda motor. Tiga korban tewas dalam kejadian itu.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/05/17/104849178/kecelakaan-maut-truk-tabrak-5-kendaraan-di-kota-batu-diduga-akibat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke