Salin Artikel

Hasil Penelitian Labfor Jelaskan Awal Mula Kebakaran Mal Malang Plaza

MALANG, KOMPAS.com - Polisi masih terus mendalami peristiwa kebakaran Mal Malang Plaza.

Hasil Laboratorium dan Forensik (Labfor) Polda Jatim menunjukkan lokasi api pertama kebakaran Mal Malang Plaza berada di dalam gedung bioskop Mandala 21.

Kasat Reskrim Polresta Malang Kota, Kompol Bayu Febrianto Prayoga mengatakan, hasil Labfor masih perlu penjelasan langsung dari petugas yang menyisir di lapangan atau mengkaji.

"Kami berangkat dari hasil Labfor, tapi belum ada penjelasan langsung dari Labfor. Nanti (petugas) Labfor bisa menjelaskan misalnya kondisi seperti itu apakah bisa disengaja atau kah memang dari kabel listrik itu," kata Bayu pada Selasa (16/5/2023).

Dari hasil keterangan saksi dan rekaman CCTV menunjukkan bahwa teknisi listrik keluar pada pukul 23.30 WIB pada Senin (1/5/2023) sebelum kejadian kebakaran.

"Kalau menurut kemarin keterangan dari teknisi setiap setelah film terakhir, sebelum bioskop dikunci pasti selalu dilakukan pengecekan. Terakhir teknisi listrik keluar pukul 11.30 (atau 23.30 WIB) untuk mengecek kembali listrik di bioskop sudah aman," katanya.

Hingga saat ini, polisi belum dapat menemukan bentuk unsur pidana dan mengambil suatu kesimpulan dari peristiwa tersebut.

Sehingga bisa saja kabel yang meleleh dalam instalasi listrik di gedung bioskop bukan kelalaian atau kesengajaan faktor manusia.

"Meleleh itu apakah ada peningkatan daya sehingga kabel tidak mampu atau di luar kapasitas, atau ada faktor lainnya, mungkin kesengajaan atau kabelnya sudah jelek," katanya.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/05/16/202101378/hasil-penelitian-labfor-jelaskan-awal-mula-kebakaran-mal-malang-plaza

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke