Salin Artikel

Pesisir Muncar Banyuwangi Dipenuhi Sampah Kiriman

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Sampah masih menjadi persoalan bagi masyarakat yang bermukim di pesisir Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Meski segala upaya telah dilakukan, namun permasalahan sampah di wilayah ujung timur Pulau Jawa ini masih terus terjadi.

Warga hanya mampu membersihkan semampunya dan dengan alat seadanya. Sehingga, permasalahan soal sampah ini tidak bisa ditangani secara maksimal.

Ditambah, gelombang pasang akibat cuaca ekstrem menerjang pesisir Pantai Muncar selama sepekan terakhir.

Kondisi ini membuat sampah menumpuk dan mengotori muara Sungai Kalimoro di Desa Tembokrejo, Kecamatan Muncar. Sungai ini merupakan salah satu sungai yang muaranya di laut Muncar.

Menurut Kepala Desa Tembokrejo, Alfen Efendi, sampah yang menumpuk itu merupakan sampah kiriman yang terbawa arus akibat gelombang pasang.

Kejadian ini merupakan fenomena musiman yang hampir terjadi setiap kali terjadi gelombang tinggi.

"Apalagi saat ini sedang musimnya angin barat. Ini yang menyebabkan gelombang tinggi, yang membuat sampah dari laut terbawa naik ke muara Kalimoro," kata Alfen, Selasa (16/5/2023).

Alfen mengatakan, selain muara Kalimoro, daerah yang biasanya terkena imbas sampah kiriman adalah kawasan pelabuhan Pantai Muncar di Desa Kedungrejo.

"Dua titik tersebut sudah dipastikan bakal terimbas sampah saat gelombang pasang," ujar Alfen.

Pihaknya mengajak seluruh elemen di Desa Tembokrejo melakukan kerja bakti membersihkan muara Sungai Kalimoro.

"Kita libatkan linmas, BPD, Forum Penanggulangan Resiko Bencana (FPRB), Karang Taruna serta masyarakat untuk kerja bakti membersihkan sampah di muara Kalimoro," ucap Alfen.

Dalam pembersihan tersebut, sampah langsung dikirim ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) terdekat. Mayoritas adalah sampah residu yang tidak bisa didaur ulang.

"Iya, selain mengatasi tumpukan sampah, kerja bakti ini akan menumbuhkan kesadaran warga untuk menjaga lingkungan," ujarnya.

"Kalau begini kan warga tahu bahwa buang sampah sembarangan sangat mengganggu lingkungan," kata Alfen.

Sementara itu, pihak Kecamatan Muncar berjanji akan melakukan upaya kerja bakti di kawasan pantai Muncar secara rutin dan terjadwal.

"Kami bersama Forpimka Kecamatan Muncar telah berkoordinasi, menggerakkan jajaran untuk menangani permasalahan sampah laut," kata Camat Muncar, Tri Setya.

Sehingga, sampah kiriman seperti saat ini bisa langsung ditangani dengan baik agar tidak menumpuk.

"Kami akan rutin membersihkan lingkungan dan terus edukasi terkait sampah," jelasnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/05/16/112337578/pesisir-muncar-banyuwangi-dipenuhi-sampah-kiriman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke