Salin Artikel

Polisi Libatkan P2TP2A untuk Dampingi Bocah yang Dicabuli Ayah Tiri di Gresik

GRESIK, KOMPAS.com - Kepolisian Resor Gresik, Jawa Timur, menggandeng Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) untuk mendampingi bocah perempuan berusia 10 tahun yang menjadi korban pencabulan oleh ayah tirinya, berinisial HE (31).

"Kita kerja sama dengan P2TP2A untuk psikologisnya, terkait trauma, maupun sekolahnya yang mungkin terganggu. Bekerja sama dengan P2TP2A untuk pendampingan anak, sebab ini dibutuhkan," kata Kanit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Sat Reskrim Polres Gresik Ipda Hepi Muslih Riza saat dikonfirmasi, Senin (15/5/2023).

Hepi menjelaskan, pihaknya telah memberi arahan dan pengertian kepada orangtua kandung dan keluarga korban mengenai agenda tersebut. Korban yang usianya masih belia dikhawatirkan terganggu psikologisnya akibat pencabulan yang dialaminya.

"Dari awal sudah kami beri pengertian, kepada orangtua kandung dan korban," ucap Hepi.

Menurut Hepi, korban anak sangat riskan mengalami trauma psikis akibat tindak kejahatan seksual yang dialaminya. Untuk itu, dibutuhkan pendampingan terhadap korban. Terlebih, korban sempat mendapat ancaman dari pelaku.

"Gelagatnya korban masih ketakutan, karena diancam oleh ayah tirinya. Korban diancam mau dilaporkan ke polisi kalau cerita (mengenai tindak pencabulan yang dialami)," kata Hepi.

Hepi menambahkan, pihaknya masih terus menyelidiki kasus pencabulan itu. Berdasarkan keterangan sementara, pencabulan dilakukan ketika ibu kandung korban sedang tidak berada di rumah.

"Korban kan masih anak-anak, me-review-nya (kejadian) juga butuh waktu," tutur Hepi.

Sebelumnya diberitakan, HE (31) diamankan polisi atas dugaan tindak pidana pencabulan terhadap AN yang merupakan anak tirinya.

Sempat dua kali mangkir saat dipanggil, HE yang merupakan sopir ditangkap polisi saat berada di rumahnya di Kecamatan Kedamean, Gresik, Jawa Timur, pada Kamis (11/5/2023).

https://surabaya.kompas.com/read/2023/05/16/082933878/polisi-libatkan-p2tp2a-untuk-dampingi-bocah-yang-dicabuli-ayah-tiri-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke