Salin Artikel

Pakar Hadis 7 Negara Cegah Perpecahan pada Pemilu 2024, Merasa Paling Benar Salah Satu Penyebabnya

JEMBER, KOMPAS.com – Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, sejumlah pakar hadis dari tujuh negara berkumpul di Kabupaten Jember pada Jumat (12/5/2023) malam.

Mereka menggelar seminar internasional membahas tentang stabilitas keamanan negara.

Para pakar hadis itu berasal dari Indonesia, Saudi Arabia, Uni Emirat Arab, Mesir, Malaysia, India dan Maroko. Salah satu satu yang menjadi pembahasan adalah antisipasi perpecahan menjelang Pemilu 2024.

“Merasa paling benar menjadi salah satu penyebab stabilitas keamanan negara terganggu,” kata mantan Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) Laksamana Madya (Purn) Harjo Susmoro yang menjadi pembicara dalam seminar internasional ilmu hadis yang digelar oleh Sekolah Tinggi Dirasat Islamiyah (STDI) Imam Syafi’i Jember

Menurut dia, sikap merasa saling benar atas kelompok sendiri sudah mulai muncul, baik merasa paling benar atas kelompok maupun pilihannya sendiri.

“Ini sekarang muncul suka menyalahkan, merasa paling baik,” ujar dia.

Hal ini, kata dia, menjadi tugas bersama untuk saling mengingatkan. Sebab, jika dibiarkan, akan mengganggu keamanan negara itu sendiri.

Selain itu, lanjut dia, agama dan negara sudah mengatur tentang hal yang baik dan buruk. Potensi kemanan negara terganggu ketika ada warga yang melanggar peraturan agama dan negara.

Tak hanya itu, penyebaran informasi bohong juga menjadi pemicu perpecahan. Sekarang sudah mulai banyak bermunculan informasi hoaks hanya untuk kepentingan kelompok.

Untuk itulah, seminar internasional ilmu hadis itu ingin memberikan rekomendasi terkait dengan menjaga stabilitas keamanan negara. Rekomendasi itu bisa menjadi rujukan agar negara bisa tetap berjalan tanpa adanya gangguan.

“Karena kalau keamanan negara terganggu, kita tidak bisa beribadah dengan baik, ekonomi terganggu dan lainnya,” pungkas dia.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/05/13/091725778/pakar-hadis-7-negara-cegah-perpecahan-pada-pemilu-2024-merasa-paling-benar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke