Salin Artikel

43 Warga di Jombang Mendadak Lumpuh, 14 di Antaranya Positif Chikungunya

JOMBANG, KOMPAS.com - Sebanyak 43 warga Dusun Soko, Desa Pacarpeluk, Kecamatan Megaluh, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, mendadak mengalami kelumpuhan. Sebagian dari mereka positif chikungunya berdasarkan pemeriksaan medis.

Kepala Desa Pacarpeluk Dyah Kusnowati mengungkapkan, selain mendadak lumpuh, puluhan orang tersebut juga mengeluhkan nyeri pada hampir seluruh bagian tubuh.

Gejala lainnya, badan lemas, suhu badan yang panas, serta sakit tenggorokan sehingga membuat warga kesulitan untuk mengonsumsi makanan.

“Gejala yang dialami warga, ada yang badannya sakit semua, ada yang lemas, ada yang tenggorokan sakit dan kesulitan untuk makan. Kebanyakan tidak bisa jalan,” kata Dyah saat dikonfirmasi Kompas.com, Jumat (12/5/2023).

Dia mengatakan, kondisi tersebut dialami warganya sejak hari raya Idul Fitri lalu. Hingga pekan ini, jelas dia, total sebanyak 43 orang yang tinggal di Dusun Soko mengeluhkan kondisi serupa.

“Kemarin yang kena kan sekitar 41 orang, itu ada tambahan lagi. Kemarin ada dua yang baru, tapi belum dideteksi itu chikungunya atau tidak,” ujar Dyah.

14 positif chikungunya

Dia menuturkan, sebagian warga yang mengalami kelumpuhan secara mendadak serta nyeri tubuh, tubuh lemas maupun beberapa gejala lainnya, telah melakukan pemeriksaan medis.

Berdasarkan pemeriksaan sampel darah, sebanyak 14 orang dinyatakan positif terjangkit chikungunya.

“Pada hari Rabu, kalau tidak salah ada 22 yang diambil sampel darahnya, itu yang positif chikungunya ada 14 orang,” ujar Dyah.

Kemudian, pihaknya juga melakukan fogging atau pengasapan di lingkungan Dusun Soko pada Kamis (12/5/2023).

“Kemarin, hari Kamis kita sudah melakukan PSN, kerja bakti untuk kebersihan lingkungan warga yang terkena wabah chikungunya. Hari ini kita lakukan fogging untuk menanggulangi jentik-jentik nyamuk itu,” kata Dyah.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/05/12/215423578/43-warga-di-jombang-mendadak-lumpuh-14-di-antaranya-positif-chikungunya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke