Salin Artikel

Sandiaga Uno Sebut Nilai Belanja Para Delegasi KTT ASEAN Hampir Capai Rp 15 Miliar

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, membeberkan nilai belanja para delegasi selama pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Menurut Sandiaga, nilai belanja para delegasi mendekati angka Rp 15 miliar.

Kondisi ini diharapkan mampu memicu terciptanya lapangan kerja baru pada sektor ekonomi kreatif (Ekraf) di Labuan Bajo.

"Banyak sekali UMKM yang terlibat dalam event besar ini. Total dari hampir Rp 15 miliar belanja dari peserta dan delegasi ASEAN Summit ke-42, bisa dirasakan oleh masyarakat dan bagian dari penciptaan 4,4 juta lapangan kerja di tahun 2024," ujar Sandiaga kepada awak media seusai mengunjungi pameran produk Ekraf di Goa Batu Cermin, Kamis (11/05/2023) siang.

Ia melanjutkan, 80 persen lebih para delegasi menginginkan untuk kembali ke Labuan Bajo untuk berwisata.

Untuk itu, Kemenparekraf bersama pihak terkait akan terus melakukan pendampingan pada peningkatan kapasitas sumber daya manusia dari para pelaku UMKM yang dirasa masih kurang.

"Hasil sementaranya menunjukkan bahwa 88 persen lebih akan merekomendasikan Labuan Bajo kepada keluarga dan kerabatnya untuk mengunjungi dan 82 persen menginginkan mereka untuk kembali lagi ke Labuan Bajo. Jadi kita harus siapkan souvenir-souvenirnya untuk dibeli dan dijadikan produk kebanggaan anak bangsa, sehinggah bisa menghasilkan ruang usaha dan meningkatkan kesejahteraan Labuan Bajo dan sekitarnya," ujarnya.

Pihaknya langsung menugaskan Direktur Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) untuk menjalin kerja sama dengan pihak-pihak yang ada di Labuan Bajo dan Flores untuk kesiapan SDM, termasuk SDM ekonomi kreatif.

Ia menambahkan, dari hasil sejumlah pertemuan pada pelaksanaan KTT ASEAN di Labuan Bajo, Singapura dan Thailand paling getol menyiapkan skema penerbangan langsung menuju Labuan Bajo.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/05/11/200127078/sandiaga-uno-sebut-nilai-belanja-para-delegasi-ktt-asean-hampir-capai-rp-15

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke