Salin Artikel

Toko Milik Warga di Trenggalek Terbakar, Api Berasal dari Mesin Pengisian BBM

TRENGGALEK, KOMPAS.com - Kebakaran menghanguskan toko di Desa Karangtengah, Kecamatan Panggul, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, Selasa (9/5/2023). Kebakaran terjadi diduga akibat korsleting listrik pada mesin pengisian bahan bakar minyak (BBM).

Kebakaran di toko milik Agung Prasetyo (39) itu pertama kali diketahui oleh istri pemilik toko, yakni Sulistyani (39), saat sedang bertransaksi dengan seorang pembeli di toko tersebut pada pukul 9.00 WIB.

Saat itu, Sulistyani melihat kobaran api di mesin pengisian BBM atau pom mini jenis pertamax yang berada di toko bagian depan.

"Berdasar keterangan saksi, api berawal dari mesin pengisian BBM," kata Plt Kepala Satpol PP dan Kebakaran Trenggalek, Triadi Atmono di kantornya, Selasa.

Melihat api tersebut, kata Triadi, Sulistyani berlari mencabut kabel listrik yang terhubung ke mesin pom mini.

"Istri pemilik toko mencabut aliran listrik yang menghubungkan pompa pom mini yang mulai terbakar tersebut," terang Triadi.

Karena terdapat bahan bakar minyak, api dengan cepat membesar. Api juga menyambar barang dagangan lainnya yang berada di toko tersebut.

"Isinya kan BBM jadi sangat mudah sekali terbakar dan membesar," ujar Triadi.

Warga sempat berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya. Namun, karena api cukup besar serta barang mudah terbakar, api sulit dikendalikan oleh warga.

Tidak lama kemudian, tim pemadam kebakaran dari PT Pembangkit Jawa Bali (PJB) Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Pacitan tiba di lokasi dan berupaya memadamkan api.

Proses pemadaman juga dilakukan oleh petugas BPBD Trenggalek serta anggota Polsek Panggul dan anggota TNI Koramil Panggul.

"Unit mobil pemadam kebakaran yang dekat dengan Kecamatan Panggul adalah milik PT PJB PLTU Pacitan di Sudimoro," terang Triadi.

Api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 10.30 WIB.

"Kita lakukan pendingingan di lokasi kebakaran sehingga tidak ada lagi bara api," ujar Triadi.

Akibat kebakaran itu, seluruh isi toko hangus terbakar, termasuk kotak penyimpanan uang hasil jualan.

"Ketika kebakaran, barang-barang sebagian besar tidak diselamatkan, termasuk uang karena apinya sangat besar," terang Triadi.

Atas kejadian tersebut, petugas membawa sejumlah barang bukti, di antaranya pompa mesin BBM, pelat bodi mesin, serta kotak penyimpanan uang yang kondisinya semua terbakar.

"Tidak ada korban jiwa, namun kerugian ditaksir sementara mencapai Rp 400 juta dan kemungkinan lebih," terang Triadi.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/05/09/200819378/toko-milik-warga-di-trenggalek-terbakar-api-berasal-dari-mesin-pengisian

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke