Salin Artikel

1 ABK KM Jaya Makmur yang Tenggelam di Perairan Gili Genting Sumenep Belum Ditemukan, Pencarian Diperluas

SUMENEP, KOMPAS.com - Satu orang anak buah kapal (ABK) KM Jaya Makmur yang tenggelam di perairan selatan Gili Genting, Sumenep, Jawa Timur, hingga Selasa (9/5/2023), belum ditemukan. Proses pencarian kini diperluas.

"Sampai saat ini (satu ABK yang masih hilang) belum ditemukan, area pencarian juga diperluas," kata Kepala Sub-Bagian Hubungan Masyarakat Polres Sumenep AKP Widiarti saat dihubungi, Selasa.

Widiarti menjelaskan, saat ini tim gabungan yang terdiri dari Basarnas, Sat Polairud Polres Sumenep dan Polda Jatim serta Kamla terus berupaya melakukan pencarian di area seluas 24,68 mil laut dengan menggunakan kapal cepat atau rigit inflatable boat (RIB).

Dalam proses pencarian itu, tim pencari menghadapi kondisi laut tak bersahabat, di antaranya ombak tinggi antara 0,5–1,25 meter, gelombang laut, serta angin kencang antara 3-11 knots.

Kendati begitu, proses pencarian masih akan dilangsungkan untuk mencari satu ABK yang dinyatakan hilang.

"Proses pencarian terus dilakukan, tim yang dilibatkan ada Basarnas, Sat Polairud dan Kamla," tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, KM Jaya Makmur yang memuat garam tenggelam di perairan selatan Gili Genting, Sumenep.

Kejadian tenggelamnya kapal itu pertama kali diketahui oleh kapal AHT Logindo milik perusahaan minyak Husky Cnooc Madura Limited (HCML) yang sedang melakukan pengawasan di Perairan Pulau Gili Genting pada Rabu (3/5/2023).

Mereka kemudian melakukan upaya pertolongan terhadap ABK. Dua ABK berhasil diselamatkan dan satu orang belum ditemukan.

ABK yang berhasil selamat itu adalah Dofir (60) dan Abdussalam (50). Sedangkan ABK yang masih hilang bernama Eko (31). Semuanya warga Sampang.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/05/09/193733578/1-abk-km-jaya-makmur-yang-tenggelam-di-perairan-gili-genting-sumenep-belum

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke