Salin Artikel

Polisi Amankan 3 Pelempar Batu ke Bus di Jalur Utara Banyuwangi, Motif Pelaku Kesal dan Dendam

Ketiga pelaku tersebut adalah AP, MNZ dan MR. Mereka berasal dari Kecamatan Wongsorejo, dan masih berstatus sebagai pelajar SMA.

Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Deddy Foury Millewa mengatakan, tiga pelaku tersebut tidak ditangkap, melainkan diserahkan kepada orangtua masing-masing.

"Karena masih anak-anak, mereka tidak dilakukan penahanan. Namun hanya diberi hukuman wajib lapor," kata Deddy, Selasa (9/4/2023).

Pelemparan batu tersebut dialami oleh bus pariwisata pada 1 Mei 2023 malam lalu. Namun kabar itu baru trending setelah viral di media sosial.

Menurut Deddy, motif pelemparan batu terhadap bus tersebut itu bukan karena tujuan kejahatan. Melainkan karena adanya rasa kekesalan.

"Mereka ini merasa kesal, dendam karena bus yang melintas di wilayah itu melaju dengan ugal-ugalan," ujar Deddy.

Dijelaskan, ada sebanyak empat unit PO bus yang menjadi korban pelemparan batu di wilayah Kecamatan Wongsorejo.

Pengunggah ditangkap

Sebelumnya, kabar ini trending setelah adanya unggahan akun TikTok @Lavana Trans yang menyebut adanya korban tewas dalam insiden pelemparan batu.

Si pemilik akun juga menyebut puluhan bus rusak akibat pelemparan itu. Namun, menurut polisi, narasi dalam video itu tidak benar alias hoaks. Kasat Reskrim Polresta Banyuwangi Kompol Agus Sobarna Praja mengatakan, hanya empat unit bus yang rusak.

Pemilik akun @Lavana Trans diamankan dan dimintai keterangan Polisi terkait informasi bohong tersebut.

Pengunggah video adalah AA (44) seorang sopir yang beralamat di Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Menurut polisi, pria itu mengaku mendapatkan video dari grup Whatsapp sesama sopir. Ia tidak mengkroscek kebenarannya, namun langsung mengunggah di akun TikTok miliknya.

"Pemilik akun kami mintai klarifikasi untuk meluruskan informasi yang keliru dan membuat surat pernyataan. Kekeliruan ini tidak diperkarakan lebih lanjut," kata Agus. 

https://surabaya.kompas.com/read/2023/05/09/171128278/polisi-amankan-3-pelempar-batu-ke-bus-di-jalur-utara-banyuwangi-motif

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke