Salin Artikel

Lagi, Truk Terguling di Desa Lempeni Lumajang, Kali Ini Pengangkut Tripleks

LUMAJANG, KOMPAS.com - Kecelakaan kembali terjadi di jalan raya Desa Lempeni, Kecamatan Tempeh, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Senin (8/5/2023).

Kali ini, sebuah truk bermuatan tripleks dengan nomor polisi N 8770 YI yang dikemudikan Yuswa Ardiansyah (23), warga Kecamatan Pasrujambe, Kabupaten Lumajang.

Kejadian bermula, saat truk yang mengangkut tripleks itu melaju dari arah utara. Tepat di tikungan Desa Lempeni, truk tiba-tiba oleng dan terguling ke arah kanan.

Beruntung, saat kejadian tidak ada kendaraan yang tengah melaju dari arah berlawanan. Sehingga tidak menimbulkan korban jiwa.

Kasat Lantas Polres Lumajang AKP Radyati Putri Pradini mengatakan, kecelakaan tersebut terjadi akibat truk kelebihan muatan.

Selain itu, kata Putri, kondisi jalan di tikungan Desa Lempeni yang miring juga ditengarai menjadi penyebab kecelakaan.

"Yang pasti ada human error, terus muatannya berlebihan dan kondisi jalan yang miring," kata Putri di Kantor Sat Lantas Lumajang.

Putri menambahkan, saat dilakukan pemeriksaan, diketahui bahwa sopir truk belum memiliki SIM.

"Sopir sudah kita amankan dan masih kita mintai keterangan. Sementara, yang kita ketahui yang bersangkutan tidak memiliki SIM," tambahnya.

Kecelakaan truk terguling di tikungan jalan raya Desa Lempeni, Lumajang, ini merupakan yang kedua kali selama dua hari terakhir.

Sebelumnya, truk pengangkut tebu terguling dan menimpa dua motor yang melaju dari arah berlawanan hingga menyebabkan dua korban tewas dan lima orang luka-luka.

Putri mengimbau para pengemudi truk untuk memperhatikan kapasitas muatannya agar tidak dipaksakan melebihi muatan.

Jika masih memaksa, maka pihaknya akan dengan tegas melakukan penindakan berupa sanksi tilang atau bongkar muatan.

"Kami imbau agar muatannya disesuaikan dengan kapasitas yang ada. Karena ini memang sangat berbahaya dan sering kali menjadi pemicu kecelakaan. Ke depan truk-truk ODOL ini akan kami tindak jika masih ngeyel," pungkasnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/05/08/220803678/lagi-truk-terguling-di-desa-lempeni-lumajang-kali-ini-pengangkut-tripleks

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke