Salin Artikel

Viral Video Seserahan Pernikahan bak Sultan di Tuban, Ada Mobil Brio dan Sapi

TUBAN, KOMPAS.com - Video prosesi seserahan pernikahan bak sultan di Desa Ngampelrejo, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, viral di media sosial.

Sebab, barang-barang yang menjadi seserahan dari pengantin pria bernama Doni kepada wanita pujaannya, Irnanda, terbilang sangat mewah untuk kalangan warga sekitar.

Dalam video yang beredar, tampak sejumlah kerabat calon pengantin pria beriringan membawa barang-barang untuk diserahkan kepada pengantin perempuan.

Sejumlah barang berharga yang menjadi seserahan calon pengantin tersebut di antaranya satu unit mobil Honda Brio, satu ekor sapi, padi sebanyak lima mobil pikap, dan sejumlah perabot rumah tangga.

Kepala Desa Ngampelrejo, Tariyono membenarkan seserahan pernikahan warganya yang viral itu.

"Iya benar, prosesi seserahan itu sudah berlangsung beberapa hari lalu, dan itu sudah biasa dilakukan warga di desanya," kata Tariyono saat dikonfirmasi Kompas.com, Kamis (4/5/2023).

Tariyono menyampaikan, seserahan pernikahan dari pengantin pria ke pengantin wanita sudah menjadi adat istiadat di desanya maupun di desa sekitarnya.

Adapun barang yang dibawa dalam seserahan pernikahan itu biasanya bergantung pada kemampuan ekonomi dan kondisi status sosial masing-masing keluarga pengantin.

"Itu sudah menjadi adat di sini, kalau keluarganya kaya ya seperti yang viral itu, seserahannya banyak juga, ada mobil, sapi," ungkapnya.

Bahkan, berdasar informasi yang didapat Tariyono, jumlah barang seserahan calon pengantin pria yang viral tersebut nilai totalnya mencapai Rp 400 juta.

Menurutnya, barang seserahan pernikahan yang sudah menjadi adat istiadat tersebut terkadang juga berupa sepeda motor, mesin cuci, hewan ternak, dan barang berharga lainnya.

"Untuk barang seserahan pernikahan itu sesuai dengan kemampuan dari pihak keluarga mempelai baik pria maupun wanita," ujarnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/05/04/190023478/viral-video-seserahan-pernikahan-bak-sultan-di-tuban-ada-mobil-brio-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke