Salin Artikel

Kebakaran Mal Malang Plaza, 102 Pemilik Stan Lapor ke Posko Pengaduan

MALANG, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Malang melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang, hingga pukul 12.00 WIB, telah menerima 102 laporan dari pemilik stan yang terdampak kebakaran Mal Malang Plaza.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala BPBD Kota Malang, Prayitno, pada Selasa (2/5/2023). Pelaporan dilakukan di posko pengaduan yang berada di Lantai 4, Mini Block Office, Balai Kota Malang.

Prayitno mengatakan, terhadap para pelapor dilakukan pendataan, seperti identitas, nomor telepon, jenis usaha dan nilai kerugian.

"Pelapor membawa identitas, kalau bisa beserta dokumen izin usahanya. Kemudian dilakukan pendataan lewat google form. Nanti kami sinkronkan datanya dengan pihak manajemen (Mal Malang Plaza)," kata Prayitno.

Dia mengatakan, para pelapor mengaku mengalami kerugian yang beragam, dari nilai terkecil Rp 6 juta sampai Rp 7 miliar, berdasarkan data sementara. Namun, nilai kerugian itu masih belum pasti.

"Untuk menghitungnya kan seperti pemilik kios HP, ada yang memiliki lemari besi, maka asumsi kami barangnya utuh sehingga belum bisa dihitung sebagai kerugian. Sementara itu, aparat belum memperbolehkan untuk pemilik stan untuk masuk ke dalam (mal) dengan alasan keamanan dan masih dilakukan penyelidikan," katanya.

Terkait dengan kompensasi kepada pemilik stan, pihaknya mengaku akan berkoordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. Selanjutnya, para pelapor akan dibuatkan grup WhatsApp untuk memudahkan koordinasi lebih lanjut.

"Untuk posko pengaduan dibuka dan ditutup hingga adanya arahan dari pimpinan (Wali Kota Malang) selanjutnya. Dari pihak manajemen, kami masih menunggu kehadirannya karena mereka masih berkoordinasi dengan APH (Aparat Penegak Hukum) juga yang sedang melakukan penyelidikan," katanya.

Sebelumnya diberitakan, kebakaran terjadi di Mal Malang Plaza pada Selasa (2/5/2023) dini hari sekitar pukul 1.00 WIB. Hampir semua bagian mal di Jalan KH. Agus Salim Malang tersebut hangus akibat dilalap api.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/05/02/151021178/kebakaran-mal-malang-plaza-102-pemilik-stan-lapor-ke-posko-pengaduan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke