Salin Artikel

Jumlah Penganggur di Situbondo 13.000 Orang, Ini Penjelasan Pemda dan BPS

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Situbondo Kholil mengatakan, kondisi tersebut didasarkan pada data terbaru Dinas Ketenagakerjaan dan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Situbondo tahun 2022.

"Jumlah data pengangguran sebanyak 13.000, tahun 2022, terjadi penurunan sebanyak 0,3 persen (39 orang sudah dapat kerja)," ucap Kholil kepada Kompas.com, Senin (1/5/2023) via telepon.

Kholil juga menyatakan, pemerintah daerah menargetkan penurunan angka penganggur di tahun 2023.

Minimal, kata dia, ada pengurangan sebanyak 0,5 persen atau 65 orang diharapkan mendapat kerja.

"Kami butuh support dari semua elemen untuk angkatan kerja yang berkompeten, tugas saya kedepan juga mengharmonisasi antara perusahaan dengan karyawan supaya terjadi simbiosis mutualisme (saling menguntungkan)," katanya.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Situbondo Bagas Susilo menyatakan, survei tentang jumlah penganggur dilakukan sebanyak dua kali dalam setahun, survei angkatan kerja nasional secara provinsi dan kabupaten.

"Kami untuk angka pengangguran melakukan survei dua kali secara provinsi dan kabupaten," kata Bagas ke Kompas.com, Senin.

Angka penganggur terbuka di Kabupaten Situbondo sebesar 13.784 orang.

Laki-laki 5.758 orang dan perempuan 8.026 orang, sedangkan yang sekarang tercatat bekerja sebanyak 393.804 orang.

Dia juga menyatakan, definisi penganggur menurut BPS dengan Dinas Ketenagakerjaan berbeda sehingga perlu ada penjelasan yang terang antara keduanya.

Kondisi tersebut besar kemungkinan berlaku untuk semua daerah.

Menurut dia, data yang ada di Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Situbondo adalah data angkatan kerja yang mengambil buku kuning atau yang sedang mencari kerja lebih layak.

Adapun data penganggur di BPS Situbondo adalah data orang yang dalam keseharian tidak melakukan aktivitas kerja minimal 1 jam dan tidak memiliki pendapatan sama sekali.

"Untuk data di Disnaker itu data angkatan kerja yang mengisi kartu kuning untuk mencari pekerjaan yang lebih baik atau lebih layak, sedangkan dikami (BPS) adalah data orang pengangguran yang tidak bekerja satu jam dalam sehari atau memang tidak ada kegiatan sama sekali dan tidak ada pemasukan, contohnya orang beraktivitas mencari rumput termasuk bukan orang menganggur karena dia bekerja meski pemasukan kecil," katanya.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/05/02/065844478/jumlah-penganggur-di-situbondo-13000-orang-ini-penjelasan-pemda-dan-bps

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke