Salin Artikel

Puncak Arus Balik Diprediksi Hari Ini dan Besok, Pelabuhan Ketapang Banyuwangi Terapkan "Delaying System"

General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Ketapang M Yasin mengatakan, lonjakan penumpang diprediksi akan terjadi pada Sabtu-Minggu (29-30/4/2023).

“Arus balik dari Ketapang menuju ke Gilimanuk itu cukup panjang dan diperkirakan akan meningkat tajam pada H+7 dan H+8," kata Yasin, Sabtu (29/4/2023).

Untuk mengantisipasi penumpukan dan kemacetan di jalur menuju pelabuhan, ASDP telah menerapkan delaying system pada buffer zone yang telah disediakan.

"Terdapat dua buffer zone, yaitu di Terminal Sri Tanjung dan ASDP Sport Center," ungkap Yasin.

Pihaknya menegaskan agar masyarakat sudah memiliki tiket sebelum masuk ke pelabuhan demi menjaga ketertiban lalu lintas dan kepadatan di jalan sekitar pelabuhan.

"Kami sudah mengoptimalkan area buffer zone yang ada untuk mengurangi antrean panjang menuju pelabuhan," ujar Yasin.

Untuk itu, masyarakat yang belum memiliki tiket diimbau untuk segera memesan melalui aplikasi Ferizy atau mitra resmi, seperti Indomaret, Alfamart, Agen BRILink, BNI Agen 46, dan Finpay.

Waktu agak panjang untuk balik itu didukung dengan adanya perilaku masyarakat yang ingin menetap karena tradisi Lebaran ketupat atau perayaan yang digelar sepekan setelah Idul Fitri.

"Tapi, kami telah mengantisipasi lonjakan penumpang tersebut dengan mengoptimalkan dermaga dan kapal berukuran besar," ujar Yasin.

Saat ini kondisi arus di Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk masih landai dan terlihat ramai lancar, dengan kapal operasi normal sebanyak 28 unit.

"Dalam kondisi padat akan dioperasikan 32 unit kapal," ungkapnya.

Termasuk pengoperasian KMP Jatra II sebagai kapal perbantuan yang mampu menampung 400 unit kendaraan roda dua dan 100 unit mobil pribadi.

Menurut data ASDP Ketapang pada 26 April pukul 08.00 hingga 27 April 2023 pukul 08.30 WIB, jumlah penumpang yang menyeberang ke Bali tercatat sebanyak 44.634 orang.

Sementara itu, kendaraan golongan II atau jenis sepeda motor ada 6.591 unit. Adapun kendaraan golongan IV A atau jenis mobil pribadi ataupun sedan ada 4.488 unit.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/04/29/083220678/puncak-arus-balik-diprediksi-hari-ini-dan-besok-pelabuhan-ketapang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke