Salin Artikel

Ratusan Warga Ikut Layanan Balik Gratis dari Nganjuk ke Jakarta

NGANJUK, KOMPAS.com – Sebanyak 149 orang mengikuti program balik mudik gratis dari Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, dengan tujuan akhir Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta, Jumat (28/4/2023).

Program balik mudik gratis ini diadakan oleh pihak Kepolisian Resor (Polres) Nganjuk, yang menyediakan sebanyak tiga armada bus. Prosesi pemberangkatan bus dilangsungkan di Polres Nganjuk pagi tadi.

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Nganjuk, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Muhammad Chaniago mengatakan, program balik mudik gratis yang digagas aparat kepolisian ini banyak diminati masyarakat.

Hal itu terlihat dari banyaknya warga yang ikut serta dalam program ini.

“Untuk wilayah Kabupaten Nganjuk antusias masyarakat cukup tinggi ya, yang awalnya kita siapkan satu bus ternyata peminatnya cukup membeludak, kita nambah jadi tiga bus,” jelas Muhammad.

Muhammad menuturkan, sebanyak 149 orang yang mengikuti program balik mudik gratis ke Jakarta ini sebelumnya mudik ke kampung halamannya di Kabupaten Nganjuk sebelum Lebaran 2023.

Kini, ratusan pemudik tersebut hendak kembali ke Jakarta untuk mengadu nasib di perantauan.

“Ini pemberangkatan balik mudik, tapi kesannya seperti pemberangkatan ibadah haji, karena banyak keluarga yang ikut mengantarkan, pengiringnya banyak,” ujar Kapolres asal Padang tersebut.

“Jadi kemarin ada warga yang daftar dengan cara datang ke pos-pos PAM, pos-pos pelayanan, terus by WA juga ada, kemudian dari mulut ke mulut,” sebut Muhammad.

Salah satu peserta program balik mudik gratis, Widodo (42), mengaku bersyukur mendapatkan fasilitas balik ke Jakarta gratis. Sebab, dirinya bisa menghebat biaya balik pada momen Lebaran 2023 ini.

“Sangat nyaman, jadi bisa ngirit biaya,” ucap pria asal Desa Ngadiboyo, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Nganjuk, itu.

Widodo tidak balik sendiri. Ia ditemani istri dan kedua anaknya.

“Ini saya empat orang bersama keluarga, istri dan dua anak. Saya kemarin 10 hari (mudik di Nganjuk),” pungkas pria penyandang disabilitas itu.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/04/28/110325178/ratusan-warga-ikut-layanan-balik-gratis-dari-nganjuk-ke-jakarta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke