Salin Artikel

Arus Balik, Pelabuhan Ketapang Banyuwangi Mulai Dipadati Penumpang ke Bali

Data PT. ASDP Indonesia Ferry Ketapang Banyuwangi, periode 24 jam, tertanggal 23-24 April 2023 hingga pukul 08.00 Wib, jumlah penumpang yang menyebrang ke Bali sebanyak 32.139 orang.

Jumlah tersebut tercatat lebih banyak dari hari sebelumnya pada periode yang sama, dengan total penumpang sebanyak 22.594 orang.

Sedangkan untuk kendaraan golongan II atau jenis sepeda motor, tercatat sebanyak 2.579 unit. Jumlah tersebut naik 1.603 unit dari hari sebelumnya yang hanya 976 unit.

Sementara kendaraan golongan IV A atau mobil pribadi, ada sebanyak 3.807 unit yang menyebrang menuju ke Pelabuhan Gilimanuk Bali. Angka tersebut mengalami peningkatan sebanyak 682 unit dari hari sebelumnya yang hanya 3.182 unit. 

General Manager PT. ASDP Indonesia Ferry Ketapang M. Yasin mengakui, peningkatan penumpang arus balik sudah mulai terlihat.

"Iya penumpang yang menggunakan sepeda motor kita pastikan adalah pemudik yang balik," kata Yasin, Senin (24/4/2023).

"Kita belum bisa memastikan apakah itu pemudik yang kembali ke tempat perantauan atau warga yang berlibur ke Bali," ujar Yasin.

Namun menurut Yasin, tujuan para penumpang kapal itu dapat diidentifikasi dengan melihat kode huruf plat nomer kendaraannya.

“Kalau plat nomor dari Jakarta, Surabaya atau kota besar lain, kemungkinan adalah wisatawan yang akan berlibur ke Bali,” ungkap Yasin.

Tetapi, jika kode huruf plat nomer kendaraan itu adalah plat Bali (DK) atau Lombok (DR), maka kemungkinan besar adalah pemudik yang hendak balik.

"Arus balik ini diprediksi akan terus terjadi selama beberapa hari ke depan," terang Yasin.

Otoritas pelabuhan memperkirakan, aktivitas peningkatan kendaraan pada arus balik angkutan Lebaran 2023 akan terus terjadi dalam beberapa hari kedepan.

"Mengingat pada 26 April 2023 nanti instansi pemerintah dan swasta sudah kembali aktif seperti biasa," tandas Yasin.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/04/24/233248878/arus-balik-pelabuhan-ketapang-banyuwangi-mulai-dipadati-penumpang-ke-bali

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke