Salin Artikel

Ribuan Ulat Bulu Serang Permukiman di Situbondo, BPBD dan Warga Lakukan Penyemprotan

SITUBONDO, KOMPAS.com - Ribuan ulat bulu menyerang Perumahan Dawuhan, Kecamatan Situbondo, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, pada Senin (17/4/2023). Warga sudah menyemprotkan pestisida secara mandiri, tetapi langkah itu tidak cukup mengusir ulat bulu tersebut. Bahkan, jumlah hewan tersebut terus bertambah.

Koordinator Pusdalop BPBD Situbondo Puriyono mengatakan, penyemprotan ulat bulu di Perumahan Dawuhan RT 02 RW 04 dilakukan sejak pukul 09.00 WIB sampai 11.30 WIB. Namun, ulat belum sepenuhnya bisa dimusnahkan.

"Ini lokasinya baru, dan jumlahnya lebih banyak dari tempat-tempat sebelumnya," kata Puriyono kepada Kompas.com, Senin (17/4/2023).

Puriyono mengatakan, rata-rata ulat bulu selalu terlihat dan banyak berdiam diri di pohon jarak. Dari daun sampai batang pohon menjadi makanan kegemaran ulat bulu.

"Di daerah itu banyak pohon jarak sehingga pohon itu yang mungkin pemicunya, tadi banyak sekali," katanya.

Petugas BPBD Situbondo sudah melakukan penyemprotan ke lahan kosong yang banyak ditemukan ulat bulu. Alat yang digunakan untuk membasmi ulat bulu sebanyak 3 penyemprot dengan menggunakan pestisida pembasmi serangga.

"Ada tiga alat dan menghabiskan 3 botol pestisida serangga," tuturnya.

Menurutnya, banyaknya ulat bulu itu tidak terlepas dari putusnya rantai makanan hewan pemakan ulat bulu. Sehingga, populasi ulat bulu sangat banyak dan mengganggu warga.

Ulat bulu itu sudah menyerang permukiman sejak seminggu yang lalu. Warga sudah bergotong-royong membasmi ulat bulu, namun tetap sulit dimusnahkan.

"Ulat memakan daun-daun pohon jarak dan banyak yang menempel di dinding rumah warga," katanya.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/04/18/091456478/ribuan-ulat-bulu-serang-permukiman-di-situbondo-bpbd-dan-warga-lakukan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke