Salin Artikel

Ini Lokasi Rawan Macet di Nganjuk Saat Momen Mudik dan Balik Lebaran 2023

NGANJUK, KOMPAS.com – Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor (Polres) Nganjuk telah memetakan titik rawan macet saat momen mudik dan balik Lebaran 2023 di wilayah Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

Titik rawan macet diprediksi ada di dua lokasi. Yakni, di Simpang Empat Mangundikaran dan Simpang Empat Kertosono.

“Titik kemacetan sendiri yang pasti di Kertosono, karena mungkin akan ada rekayasa lalu lintas di Simpang Tiga Mengkreng,” ungkap Kasat Lantas Polres Nganjuk, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Dini Annisa Rahmat kepada Kompas.com, Senin (17/4/2023).

“Yang kedua di Simpang Empat Mangundikaran,” lanjut Dini.

Dini menuturkan, pihaknya telah menyiapkan rekayasa lalu lintas apabila terjadi kepadatan kendaraan di Simpang Empat Mangundikaran dan Simpang Empat Kertosono.

Untuk diketahui, Simpang Empat Mangundikaran berada di dalam kota. Sementara Simpang Empat Kertosono lokasinya di barat Simpang Tiga Mengkreng, persimpangan yang menjadi pertemuan tiga wilayah yakni Jombang, Nganjuk dan Kediri (Bangjuri).

Jika terjadi kemacetan di Simpang Empat Mangundikaran, kata Dini, maka pihaknya akan menutup Simpang Empat Bagadung agar kendaraan dari arah utara tidak menumpuk di Simpang Empat Mangundikaran.

“Jadi semua kendaraan yang akan ke arah selatan atau menuju Simpang Empat Mangundikaran (ke arah kota) akan kita alihkan ke barat, ke Terminal Anjuk Ladang,” jelasnya.

Tak hanya menyiapkan rekayasa lalu lintas di dalam kota, pihaknya juga telah menyiapkan jalur alternatif apabila terjadi kemacetan di Simpang Empat Kertosono atau di Simpang Tiga Mengkreng.

“Jadi nanti untuk masyarakat yang dari arah timur akan menuju Nganjuk atau barat, silakan nanti menggunakan jalur melalui Papar, kemudian Ngronggot, nanti ketemu di Simpang Tiga Jogomerto,” papar Dini.

“Alternatif kedua dari Pasar Baron belok kiri (ke arah) Waung-Jekek-Lengkong-Jatikalen-Ploso-Jombang-Surabaya. Bisa juga dari Simpang Empat Kertosono belok kiri lewat Patianrowo,” tutur Dini.

Siapkan 12 pos

KBO Sat Lantas Polres Nganjuk, Inspektur Polisi Satu (Iptu) Heri Buntoro menambahkan, selama Operasi Ketupat 2023, pihaknya akan menyiagakan 12 pos yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Nganjuk.

Adapun ke-12 pos itu terdiri dari satu pos pelayanan, satu pos terpadu, dan 10 pos pengamanan. Ke-12 pos ini akan beroperasi mulai tanggal 18 April hingga 1 Mei 2023.

“Jadi pos-nya ada 12, pos pertama Pos Pelayanan Pujahito, kedua Pos Terpadu di terminal (Anjuk Ladang), yang 10 Pos PAM,” ungkap Heri.

Untuk 10 Pos PAM itu akan ditempatkan di sejumlah titik di wilayah Kabupaten Nganjuk.

Di antaranya Pos PAM Jayastamba di Jalan Ahmad Yani, Pos PAM Stasiun Nganjuk dan Kertosono, Pos PAM di Simpang Empat Kertosono, Pos PAM Barong, Pos PAM Semantok, Pos PAM Exit Tol Begadung, Pos PAM Wilangan, Pos PAM TRAL, dan Pos PAM Sedudo.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/04/17/113604378/ini-lokasi-rawan-macet-di-nganjuk-saat-momen-mudik-dan-balik-lebaran-2023

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke