Salin Artikel

Warga Sumenep Serbu Toko Emas Jelang Lebaran, untuk Investasi dan Penampilan

SUMENEP, KOMPAS.com - Sejumlah warga di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, mulai menyerbu toko perhiasan emas menjelang Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah.

Mayoritas dari meraka membeli perhiasan emas sebagai investasi saat berada di kampung halaman usai merantau sebagai pedagang di luar daerah.

Sebagian lagi, perhiasan emas itu digunakan untuk menunjang penampilan mereka saat Lebaran agar terlihat lebih menawan.

"Kalau tidak pakai perhiasan (emas) seperti ada yang kurang saat hari raya, jadi setiap tahun memang biasa beli (perhiasan emas)," kata Sulatri, pembeli perhiasan di toko emas Prenduan, Sumenep, Jumat (14/4/2023).

Bagi Sulatri, aktivitas membeli emas mendekati Lebaran sudah ia lakukan sejak beberapa tahun terkahir. Baginya, perhiasan emas merupakan alat untuk merias diri saat momen-momen besar seperti Lebaran.

Perhiasan yang ia pilih adalah jenis perhiasan gelang dan cincin emas. Dua jenis perhiasan itu paling sering dibeli dibandingkan dengan jenis perhiasan emas lainnya.

"Paling sering beli gelang dan cincin (emas), ngerasa lebih nyaman aja memakainya," kata wanita berusia 37 tahun itu.

Berbeda dengan Sulatri, Mahmudah (41) mengaku perhiasan emas yang dibelinya merupakan bentuk investasi selama berada di kampung halaman. Sebagai pengusaha warung kelontong di Jakarta, ia tak ingin uang miliknya dihabiskan dengan percuma.

"Kalau beli (perhiasan) emas kan nanti bisa dijual kembali setalah hari raya, dan uangnya bisa dipakai untuk modal usaha," kata dia.

Bahkan, sejak ia mendapat untung besar dari usaha warung kelontong di Jakarta, Mahmudah mengaku kerap membeli perhiasan emas untuk dipakai oleh sang anak yang berada di kampung halaman.

"Jadi seperti tabungan gitu, cuma ini kan yang ditabung emas," pungkasnya.

Terpisah, pemilik toko emas di Preduan, Haji Ismail mengaku, momen mendekati Lebaran merupakan salah satu momen penjualan emas di tokonya meningkat drastis.

Jika di hari normal pembeli perhiasan emas hanya berjumlah 10-15 orang per hari, momen mendekati Lebaran bisa menyentuh 30-40 orang per hari.

"Pasti (pembeli) meningkat kalau mendekati Lebaran," tuturnya.

Saat ini, harga perhiasan emas di Sumenep antara lain emas 24 karat berada di harga Rp 940.000 per gram, emas 750 setara 17 karat di harga Rp 800.000 per gram.

Selain itu, harga emas setara 16 karat di harga Rp 750.000 per gram, emas 9 karat berada di harga Rp 465.000 per gram dan emas 8 karat di harga Rp 440.000 per gram.

"Yang paling banyak dibeli sebenarnya yang 24 karat, tapi yang lain juga dibeli mesti tidak sebanyak yang 24 karat," pungkasnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/04/14/211144678/warga-sumenep-serbu-toko-emas-jelang-lebaran-untuk-investasi-dan-penampilan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke