Salin Artikel

Warga Banyuwangi di Bali yang Hendak Mudik Difasilitasi Bus Gratis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Sebanyak delapan bus dengan kapasitas 400 penumpang disediakan gratis untuk mengangkut warga Banyuwangi yang akan mudik dari Bali.

Kepala Dinas Perhubungan Banyuwangi Pujo Hartanto mengatakan, mudik gratis tersebut untuk mengurangi kepadatan lalu lintas jelang hari raya Idul Fitri.

"Dengan dikoordinasi seperti ini, jumlah kendaraan di jalan raya akan berkurang, sehingga meminimalisasi potensi resiko di jalan,” kata Pujo pada Rabu (12/4/2023).

Titik keberangkatan mudik gratis tersebut akan dimulai dari Lapangan Niti Mandala Renon, Denpasar, Bali pada Rabu, 19 April 2023 pada pukul 09.00 Wita.

"Bagi yang tinggal di wilayah lain di luar Denpasar (Badung, Tabanan, Gianyar, Klungkung, Bangli), bisa berkumpul dan dijemput di titik tertentu," ungkap Pujo.

Adapun syarat untuk mengikuti mudik gratis ini adalah terdaftar sebagai anggota Ikawangi Dewata yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Anggota (KTA).

Kedua, sesuai persyaratan dari Kementerian Kesehatan, yakni pemudik sudah divaksin booster.

Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani Azwar Anas mengatakan, mudik gratis itu dilaksanakan setiap tahun jelang Lebaran.

"Setiap tahun kita selalu memfasilitasi mudik Lebaran gratis bagi warga Banyuwangi yang bekerja atau tinggal di Bali," kata Ipuk.

Menurut Ipuk, mudik gratis itu merupakan fasilitas gratis atas kerja sama Pemkab Banyuwangi dengan Ikatan Keluarga Banyuwangi (Ikawangi) Dewata.

"Alhamdulillah, sejak dibuka pendaftaran 1 April lalu, kuotanya sudah terpenuhi semua,” ujar Ipuk.

Selain untuk penumpang, Pemkab dan Ikawangi Dewata juga menyediakan dua truk untuk mengangkut kendaraan roda dua milik pemudik.

Selain Pemkab, program mudik gratis lainnya juga disediakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Pemprov menggelar mudik Lebaran gratis rute Surabaya menuju seluruh kabupaten dan kota se-Jatim.

“Warga Banyuwangi yang berada Surabaya bisa memanfaatkan program ini,” ungkapnya.

Pendaftaran bisa dilakukan melalui operator di Kantor Dinas Perhubungan Provinsi Jatim di Jalan A Yani 268 Surabaya paling lambat 18 April 2023.

“Segera daftarkan diri sebelum kehabisan tiket. Syaratnya fotokopi KTP dan KK. Serta sudah vaksin booster,” terangnya.

Pemberangkatan mudik gratis ini akan dilakukan pada Rabu (19/4/2023) pukul 09.00 WIB dari kantor Dinas Perhubungan Provinsi Jatim.

Jurusan Surabaya - Banyuwangi melewati dua rute, yakni rute selatan melalui Jember atau rute utara via Situbondo. Warga bisa memilih sesuai tujuannya.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/04/14/201931178/warga-banyuwangi-di-bali-yang-hendak-mudik-difasilitasi-bus-gratis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke