Salin Artikel

Sejumlah Rumah di Bojonegoro Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

BOJONEGORO, KOMPAS.com – Sejumlah rumah warga dan fasilitas umum di dua kecamatan di wilayah Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, rusak diterjang angin puting beliung.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro, Ardhian Orianto mengatakan, peristiwa angin kencang itu terjadi pada Rabu (12/4/2023) sekitar pukul 18.00 WIB.

Sejumlah rumah dan fasilitas umum yang mengalami kerusakan berada di wilayah Kecamatan Kanor dan Kecamatan Kapas.

Untuk wilayah Kecamatan Kapas, bangunan yang terdampak ada di Desa Kedaton sebanyak tujuh rumah dan satu mushala, Desa Sambiroto sebanyak satu rumah rusak ringan, dan di Desa Kapas sebanyak empat rumah.

Sedangkan di wilayah Kecamatan Kanor terdapat pohon tumbang di Desa Simorejo yang membuat lalu lintas jalan raya Kanor- Baureno terhambat.

Petugas BPBD Bojonegoro yang terjun ke lokasi langsung melakukan pendataan terhadap warga yang rumahnya rusak diterjang angin puting beliung tersebut.

"Tim BPBD sudah melakukan pendataan ke lokasi dan menyerahkan bantuan paket sembako kepada pemilik rumah," kata Ardhian Orianto saat dikonfirmasi Kompas.com, Kamis (13/4/2023).

Ardhian Orianto menyampaikan, berdasarkan informasi dari BMKG, saat ini di wilayah Kabupaten Bojonegoro kondisi cuaca sedang memasuki musim pancaroba dan berisiko terjadi bencana hidrometeorologi.

Menurutnya, musim peralihan itu akan menyebabkan hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi dengan disertai angin kencang dan petir.

"Karenanya harus waspada saat terjadi hujan dan angin kencang agar berlindung di tempat yang aman, hindari pohon yang tinggi dan bangunan rumah yang lapuk," tuturnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/04/13/153809978/sejumlah-rumah-di-bojonegoro-rusak-diterjang-angin-puting-beliung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke