Salin Artikel

Tol Paspro Ruas Gending-Probolinggo Timur Dibuka Gratis Mulai 16 April 2023

Ruas tol sepanjang 12,5 kilometer itu akan dibuka mulai 16 April 2023 hingga 30 April 2023.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengatakan, meski dibuka fungsional, pengguna ruas tol tersebut tetap harus melakukan tap kartu tol, namun tidak dikenakan biaya alias gratis.

"Tetap ditap kartu tolnya dengan posisi bahwa ini nol tarif dari Probolinggo Timur sampai Gending," kata Khofifah dalam keterangan tertulis, Senin (10/4/2023).

Pembukaan salah satu ruas Tol Paspro, menurut dia, dilakukan untuk menyambut prediksi  lonjakan jumlah pemudik tahun ini yang mencapai lebih 21 juta orang dengan salah satu tujuan utama adalah Jatim.

"Berbagai hal yang bisa mengurangi kemungkinan kemacetan di titik-titik tertentu tentu harus kita lakukan secara lebih komprehensif salah satunya melalui pembukaan tol fungsional ini," jelasnya.

Terkait kesiapan infrastruktur tol fungsional, Direktur Teknis PT Trans Jawa Pasuruan Probolinggo Jalan Tol Heri Supriadi mengatakan, kontruksi jalan tol fungsional yang akan dibuka sudah mencapai 100 persen.

"Ada beberapa memang nanti akan diaspal jadi kita masih ada sekitar 6 titik yang perlu diaspal yang Insyaallah dalam waktu 2 hari ini akan selesai," ucapnya.

Untuk Penerangan Jalan Umum (PJU) di luar rest area, menurut dia, sudah dapat dioperasikan, tapi yang saat ini sedangkan diupayakan adalah rambu dan marka jalan.

"Uji lapangan terus kami lakukan hingga beberapa hari kedepan agar persiapannya bisa 100 persen," tambahnya.

Tol Paspro adalah jalan tol bagian dari Tol Trans Jawa.

Tol Paspro ini memilki total panjang 43,75 km terdiri 4 seksi. Yaitu Seksi 1 Grati Pasuruan-Tongas sepanjang 13,5 km, Seksi 2 Tongas-Probolinggo Barat sepanjang 6,9 km, Seksi 3 Probolinggo Barat-Probolinggo Timur sepanjang 10,9 km, Seksi 4A Probolinggo Timur-Gending sepanjang 8,5 km dan Seksi 4B sepanjang 3,8 km. 

https://surabaya.kompas.com/read/2023/04/11/104114078/tol-paspro-ruas-gending-probolinggo-timur-dibuka-gratis-mulai-16-april-2023

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke