Salin Artikel

Cerita Anak Penjual Sayur Keliling Diterima di 3 Universitas Ternama Luar Negeri, Berharap Dapat Beasiswa Program Indonesia Maju

MALANG, KOMPAS.com - "Banyak jalan menuju Roma". Pepatah itu benar-benar dirasakan oleh Chaswanah Aini (18), warga Desa Kedungrejo, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang.

Di tengah segala keterbatasannya, ia bisa menjadi kandidat mahasiswa perguruan tinggi luar negeri. Yakni, University of Toronto Canada, McMaster University Canada, dan Monash University Australia.

Kini, ia tinggal menunggu pengumuman beasiswa program Indonesia Maju untuk pembiayaan pendidikannya di ketiga perguruan tinggi tersebut.

Keberhasilannya bisa lolos di tiga perguruan tinggi itu tidak lepas dari kegigihan dan kepandaian remaja yang akrab disapa Wana itu.

Padahal, jika dilihat dari latar belakangnya, Wana tergolong berasal dari keluarga yang kurang mampu.

Ibunya, Puji Rayahu Riningsih (48) sehari-hari bekerja sebagai penjual sayur keliling.

Sementara ayahnya, Muhammad Jazuli sudah meninggal sejak Wana duduk di bangku sekolah dasar (SD).

Rumah yang ditinggali Wana bersama ibunya dan kakaknya pun terlihat sederhana. Beberapa dindingnya sudah terlihat kusam, dengan jendela yang juga tampak sudah mulai dimakan rayap. Rumah itu adalah peninggalan dari ayahnya.

"Jadi kalau dari biaya, kami ya terbatas. Saya bilang ke anak saya: Kalau mau lanjut kuliah cari beasiswa ya, Nak. Karena saya tidak akan mampu," ungkap Ibu Wana, Puji saat ditemui di kediamannya, Minggu (9/3/2023).

Puji mengaku hanya bisa berdoa untuk keberhasilan anak keduanya itu. Meski, ia tidak pernah menyangka bahwa Wana bisa benar-benar diterima di perguruan tinggi luar negeri.

"Saya cuma memanjatkan doa, ketika ada salah satu pelanggan sayur saya bilang kalau anaknya kuliah di luar negeri, saya bilang 'Semoga menular ke anak saya. Mungkin doa itulah yang terkabul'," jelasnya.

Pastinya, Puji sangat bersyukur atas apa yang telah diraih Wana. Ia mengaku ikhlas ditinggal sendiri di rumah dan akan terus mendukung keinginan anaknya kuliah di luar negeri.

"Saya ikhlas meskipun saya ditinggal di rumah. Yang penting anak saya bisa sekolah setinggi-tingginya sesuai yang ia inginkan," jelasnya.

Sementara itu, Wana mengatakan pada 3 perguruan tinggi itu, pihaknya mengambil konsentrasi ekonomi dan bisnis, sesuai dengan minatnya yang dia tekuni sejak duduk di bangku sekolah menengah pertama (SMP).

"Hanya University of Toronto Canada saya mengambil konsentrasi Social Sciences and Humanities," ungkap Wana.

Namun, yang lebih penting baginya adalah pembiayaan ketika menempuh di perguruan tinggi tersebut. Wana berharap terpilih dalam beasiswa Program Indonesia Maju yang ia ikuti saat ini.

"Semua persyaratan sudah lengkap. Tes juga sudah saya ikuti. Tinggal menunggu pengumuman saja," jelasnya.

Sebab, jika tidak mendapatkan beasiswa, ia mengaku tidak akan mampu menempuh pendidikan di perguruan tinggi, apalagi perguruan tinggi luar negeri.

Gagal di 2 PTN dalam negeri

Sebelumnya, ia juga sempat mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi ternama di Indonesia, yakni Universitas Brawijaya dan Institut Teknologi Bogor (ITB), jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP). Namun, ia dinyatakan tidak lolos.

"Tapi wajar saya tidak lolos dari kedua perguruan tinggi itu. Karena memang pasti banyak pesaingnya untuk tujuan jurusan ekonomi," tuturnya.

Ia masih cukup lega meskipun tidak lolos di kedua perguruan tinggi itu, karena sudah dinyatakan lulus di tiga perguruan tinggi luar negeri itu.

"Jadi sebelum mengikuti seleksi di Universitas Brawijaya dan ITB itu saya sudah dinyatakan lolos di perguruan tinggi luar negeri. Karena seleksinya sudah lama. Yakni tahun lalu, ketika saya masih duduk di bangku kelas 11," jelasnya.

Selama menempuh pendidikan di SMA 3 Malang, Remaja pengagum Menteri Keuangan Sri Mulyani dan pakar investasi, Felocia Putri Tjiasaka, juga bebas biaya. Ia bisa mengenyam pendidikan di sekolah tersebut dari jalur mitra warga, program pembiayaan pendidikan bagi siswa kurang mampu namun pandai.

"Dulu ketika mau masuk ke sekolah itu, saya juga diseleksi dan disurvei ke rumah dan sekolah SMP saya," ujarnya.

Wana memang dikenal siswa yang pandai. Di sekolahnya, SMA Negeri 3 Malang, Wana juga masuk di kelas Olimpiade dan pernah menjadi finalis pada lomba Catch The Flag (CTF) yang diadakan oleh Universitas Brawijaya Malang.

"Saat duduk di bangku SMP, saya juga sering ikut olimpiade, dan pernah mewakili olimpiade di tingkat Jawa Timur. Namun tidak lolos sampai ke tingkat nasional," tuturnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/04/10/051835478/cerita-anak-penjual-sayur-keliling-diterima-di-3-universitas-ternama-luar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke