Salin Artikel

Polres Malang Sosialiasi Bahaya Perundungan kepada Para Pengasuh Ponpes

Mereka berharap, agar pengasuh pondok pesantren turut serta menjaga Kamtibmas di masyarakat, khususnya  kenakalan remaja.

Mulai dari bahayanya kenakalan remaja, potensi ancaman ganguan Kamtibmas selama bulan Ramadhan, seperti sabung ayam dan perang sarung, hingga perundungan.

Pasalnya, beberapa waktu terakhir ini, sudah ada beberapa kasus perundungan yang terjadi di lingkungan pondok pesantren.

Sementara potensi ganguan Kamtibmas selama bulan Ramadhan ini d iantaranya munculnya tradisi perang sarung di kalangan remaja serta perjudian sabung ayam.

"Beberapa kali kami berhasil mencegah remaja yang hendak melakukan aksi perang sarung di Kabupaten Malang. Kemudian, kami juga berhasil mengungkap adanya sabung ayam di dua tempat," ungkap Kapolres Malang, AKBP Putu Kholis Aryana.

Sementara itu, Kasat Binmas Polres Malang, AKP Indra Subekti menerangkan ada beberapa jenis perundungan yang kerap terjadi di lingkungan remaja. Pertama perundungan verbal.

"Perundungan jenis ini kadang pelaku tidak sadar kalau dirinya sendang melakukan perundungan," ungkapnya dalam penyampaiannnya.

Kedua, perundungan sosial. Bentuk perundungan ini yakni pelaku biasanya melakukan intimidasi emosional.

"Dampak perundungan juga berat juga. Korban bisa terganggu saat bergaul dengan orang, karena ia merasa terintimidasi oleh temannya sendiri," ujarnya.

Ketiga, perundungan di media sosial, dan Keempat, perundungan seksual.

"Jenis-jenis perundungan bisa juga terjadi di lingkungan pesantren. Maka kita perlu lebih ketat lagi mengantisipasi potensi terjadinya perundungan ini," tegasnya.

"Sebab, hal itu dapat menimbulkan gangguan fisik atau psikis, sehingga korban merasa minder. Bahkan, resiko terburuknya, korban perundungan dapat berakibat berpikiran pendek dan bunuh diri," imbuhnya.

Untuk diketahui, berdasarkan data yang dihimpun Kompas.com peristiwa perundungan di lingkungan pesantren di Kabupaten Malang, selama tahun 2023 ini sudah terjadi sebanyak 3 kali.

Dua di antaranya perundungan yang dilakukan oleh temannya sendiri, dan satu lainnya kekerasan seksual yang dilakukan oleh seorang pengajar.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/04/06/195158178/polres-malang-sosialiasi-bahaya-perundungan-kepada-para-pengasuh-ponpes

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke