Salin Artikel

Presiden Jokowi Minta Kementan Kembangkan Penggunaan Pupuk Organik

TUBAN, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo bersama Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menanam padi bersama para petani di Desa Senori, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Kamis (6/4/2023).

Penanaman padi ini sebagai upaya mendorong percepatan tanam kembali setelah panen agar ketersediaan beras nasional semakin tangguh dalam kondisi apa pun.

"Hari ini kita mulai menanam seperti di daerah-daerah lain, setelah panen tidak diberi jeda karena air masih banyak, segera ditanam," kata Joko Widodo, Kamis (6/4/2023).

Presiden Jokowi mendorong petani untuk menggunakan pupuk organik agar tidak bergantung pada pupuk kimia atau industri pupuk kimia yang sulit didapat karena bahannya harus impor dari luar.

Selain itu, penggunaan pupuk organik juga dapat mengurangi biaya yang dikeluarkan petani dan memberikan manfaat pada lingkungan dan ekosistem pertanian.

Karenanya, Presiden Jokowi memerintahkan Kementerian Pertanian (Kementan) untuk mengembangkan penggunaan pupuk organik agar tidak ada petani yang mengeluh kesulitan membeli pupuk bersubsidi.

"Jangan sampai ada keluhan petani, pupuknya sulit, ya memang sulit, semua negara urusan pupuk memang sulit," tuturnya.

Menurut Jokowi, pada awal penggunaan pupuk organik, hasil panennya akan turun. Tapi, setelah itu hasilnya akan meningkat dan lebih bagus.

Menteri Pertanian Sahrul Yasin Limpo menyampaikan, percepatan tanam padi usai panen ini adalah strategi Presiden Jokowi dalam menghadapi dampak el nino atau kemarau panjang agar produksi dan ketersediaan beras tetap terjaga.

Menurutnya, kondisi Indonesia saat ini tengah melangsungkan panen raya padi dan data dari BPS menunjukkan produktivitas padi lebih membaik.

Kendati demikian, pihaknya tetap manaruh waspada menghadapi musim tanam berikut yang kemungkinan menghadapi dampak el nino.

Sahrul Yasin Limpo juga mendorong petani untuk menggunakan pupuk organik sebagaimana disampaikan oleh Presiden Jokowi.

"Kita akan dorong khususnya dalam menciptakan pupuk pupuk organik yang bisa digunakan dari resource atau sumber daya alam yang ada di sekitar lahan - lahan ada," jelasnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/04/06/155202078/presiden-jokowi-minta-kementan-kembangkan-penggunaan-pupuk-organik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke