Salin Artikel

Jelang Lebaran, Bupati Pastikan Harga Bahan Pokok di Banyuwangi Stabil

Kepala Bulog Banyuwangi, Harisun mengatakan, stok beras di gudang Bulog masih sangat berlimpah.

"Stok masih terus bertambah karena Banyuwangi sudah memasuki musim panen. Sehingga aman sampai beberapa bulan ke depan,” ujar Harisun, Selasa (4/4/2023).

Harisun mengklaim bahwa stok pangan lainnya aman. Dia menyebut, stok gula pasir di gudang Bulog tersedia sebanyak 20 ton.

Dalam waktu dekat, kata Harisun, Bulog akan mendatangkan lagi 150 ton gula pasir.

“Kami juga akan mendatangkan tepung dan minyak goreng 120.000 liter. Masyarakat tidak perlu khawatir,” ucap Harisun.

Sementara untuk mengantisipasi kenaikan harga menjelang lebaran, Pemkab bersama bulog menggelar pasar murah di sejumlah titik pasar di Banyuwangi.

Di antaranya, pasar Rogojampi, Jajag, Songgon, dan Genteng, masing-masing selama 4 hari.

Pasar murah tersebut menjual beras premium Rp 56.000 per kemasan 5 kg, beras medium Rp. 45.000 per kemasan 5 kg, dan gula pasir Rp 13.000 per kg.

“Operasi pasar terus kita gelar. Untuk menjaga harga menjelang lebaran,” kata Harisun.

Selain itu, di pasar murah tersebut juga dijual berbagai kebutuhan rumah tangga yang banyak diburu saat Lebaran.

Seperti sirup, mie instan, hingga aneka kue lebaran. Barang-barang tersebut dijual dengan harga khusus di bawah harga pasar.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan Banyuwangi, Nanin Octaviantie mengatakan, pasar murah merupakan hasil kerja sama dengan ritel dan toko modern.

"Kerja sama dengan ritel dan toko modern. Mereka menjualnya dengan harga terendah (diskon) yang berlaku di tokonya. Makanya murah," ucap Nanien.

Untuk memastikan ketersediaan tersebut, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Azwar Anas meninjau langsung salah satu pasar tradisional di Rogojampi.

Ipuk meninjau kios pedagang daging ayam dan sapi untuk menanyakan ketersediaan dan harga barang.

Sidak pasar diawali dengan mengecek komoditas yang rentan mengalami kenaikan harga menjelang Lebaran.

“Ayamnya banyak, termasuk ayam kampung. Ayam potong Rp 28.000 per kg, ayam kampung Rp 90.000 per ekor. Harganya stabil, sebelum puasa juga segini,” kata Tutik, salah satu pedagang.

Hal yang sama juga diungkapkan Mahfud, pedagang daging sapi.

“Harga tetap Rp 130.000. Belum ada kenaikan dari sebelum puasa,” ujarnya.

Tinjauan dilanjutkan ke kios sembako dan sayuran milik Diah. Ipuk mendapat informasi jika sejumlah komoditas mengalami penurunan harga.

Di antaranya, harga cabai rawit yang turun dari Rp 40.000 menjadi Rp 32.000 per kg, telur dari Rp 30.000 menjadi Rp 28.000 per kg, dan bawang putih dari Rp 30.000 menjadi Rp 27.000 per kg.

“Dari pantauan yang kita lakukan, harga bahan pokok relatif stabil. Insya Allah suplai logistik juga aman sampai dengan hari raya dan cuti lebaran mendatang,” tandas Bupati Ipuk.

Dalam sidak itu, Ipuk didampingi Wakapolresta AKBP Dewa Putu Darmawan, Kepala Bulog dan anggota Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID).

https://surabaya.kompas.com/read/2023/04/05/045112978/jelang-lebaran-bupati-pastikan-harga-bahan-pokok-di-banyuwangi-stabil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke