Salin Artikel

Jelang Arus Mudik Lebaran, KAI Daop 9 Cek Keamanan Jalur Kereta Api

BANYUWANGI, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 9 Jember mulai melakukan pengecekan keamanan jalur rel kereta di wilayahnya untuk persiapan menghadapi arus mudik Lebaran 2023.

Pengecekan tersebut dilakukan secara bertahap, dimulai dari lintas Bangil, Kabupaten Pasuruan, hingga Ketapang, Banyuwangi. KAI ingin memastikan jalur dalam kondisi aman.

"Ini bertujuan untuk memastikan kesiapan jajaran Daop 9 dari berbagai aspek, mulai dari sarana, prasarana hingga para personel di lapangan," kata Plt Manager Hukum dan Humas PT KAI Daop 9, Azhar Zaki Assjari, Selasa (4/3/2023).

Pemeriksaan dilakukan oleh manajemen KAI Daop 9 Jember yang dipimpin oleh Vice President, Mulyani.

Pemeriksaan itu untuk memberikan pelayanan para pelanggan pada masa angkutan Lebaran 2023 yang tinggal menghitung hari.

“Juga untuk memastikan jalur yang akan dilewati kereta api sudah dalam kondisi aman," ungkap Zaki.

Pemeriksaan meliputi kondisi rel, jembatan, terowongan, perlintasan sebidang serta fasilitas pelayanan penumpang sudah tersedia dan berfungsi dengan baik.

Pemeriksaan juga dilakukan pada daerah rawan, baik rawan banjir, longsor, gangguan keamanan, maupun rawan terjadinya kecelakaan yang melibatkan kereta api dengan pengguna jalan di perlintasan sebidang.

“Hasil pemeriksaan akan diambil langkah antisipasi dan ditentukan strategi untuk menjamin perjalanan kereta api di Daop 9 Jember selalu aman, lancar dan terkendali,” tandas Zaki.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/04/04/161439778/jelang-arus-mudik-lebaran-kai-daop-9-cek-keamanan-jalur-kereta-api

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke