Salin Artikel

Razia Narkoba, Petugas Lapas Banyuwangi Temukan Pisau Modifikasi di Tahanan

Selain itu, petugas juga menemukan benda-benda yang diduga dapat menyebabkan gangguan keamanan dan ketertiban seperti korek, pisau cukur, dan gunting.

Sidak tersebut dilakukan langsung oleh Satuan Operasional Kepatuhan Internal (Satops Patnal) Kemenkumham Jawa Timur (Jatim).

Kadiv Pemasyarakatan Kemenkumham Jatim, Teguh Wibowo, mengatakan, penggeledahan dilakukan untuk memastikan Lapas dalam kondisi aman saat Ramadhan.

“Ini langkah deteksi dini kami untuk mewujudkan Lapas terhindar dari segala bentuk gangguan Kamtibmas,” kata Teguh, Selasa (28/3/2023).

Termasuk memastikan Lapas Banyuwangi terbebas dari peredaran gelap narkoba maupun ponsel.

“Hasil penggeledahan tidak ditemukan handphone maupun narkoba,” ujar Teguh.

Kepala Lapas Banyuwangi, Wahyu Indarto mengaku akan terus melakukan perang terhadap peredaran ponsel, pungli, dan narkoba (halinar) di dalam Lapas.

“Kami komitmen untuk menciptakan Lapas Banyuwangi bebas dari halinar,” ujar Wahyu.

Wahyu beserta jajarannya, saat ini intensif melakukan deteksi dini dengan mempererat sinergi bersama aparat penegak hukum (APH) lain.

“Deteksi dini kami lakukan dengan menggeledah blok maupun kamar hunian. Dan melakukan pendekatan secara persuasif dengan warga binaan," ucap Wahyu.

"Kami juga libatkan rekan-rekan dari APH lain untuk membantu mewujudkan Lapas Banyuwangi yang aman, tertib dan kondusif,” imbuhnya.

Penggeledahan, ujarnya, berlangsung sekitar 90 menit.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/03/28/151320678/razia-narkoba-petugas-lapas-banyuwangi-temukan-pisau-modifikasi-di-tahanan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke