Salin Artikel

Wali Kota Surabaya: Kalau PNS Mengadakan Buka Puasa Bareng Anak Yatim, Silakan

Ia mempersilakan sejumlah ASN menggelar buka bersama, asal mengajak anak yatim dan kaum dhuafa.

Eri menjelaskan, Presiden Joko Widodo telah membuat surat edaran kepada pejabat dan pegawai pemerintah agar tidak menyelenggarakan buka puasa bersama selama Ramadhan.

Arahan tersebut disampaikan dalam Surat Sekretariat Kabinet Nomor R-38/Seskab/DKK/03/2023 terkait penyelenggaraan buka puasa bersama.

"Sudah dijelaskan oleh Setkab, Pak Pramono Anung, bahwa masyarakat masih boleh melakukan buka bersama. Nah, yang tidak boleh adalah PNS (Pegawai Negeri Sipil) buka puasa bersama seperti apa? Buka puasa bersama yang berlebihan. Kalau buka puasa dengan anak yatim ya boleh, tolong dibedakan," kata Eri di Surabaya, Senin (27/3/2023).

Eri memastikan, dalam surat edaran itu tidak ada larangan bagi masyarakat yang ingin mengadakan buka puasa bersama.

"Kalau PNS mengadakan buka bareng anak yatim, silakan. Tapi kalau PNS dinas misalnya, mengadakan buka bareng-bareng satu kantor di hotel, itu yang tidak boleh," ujar Eri.

Menurut Eri, kegiatan buka puasa bersama anak yatim dan kaum dhuafa sudah menjadi agenda rutin ASN Pemkot Surabaya di setiap Ramadhan.

Oleh sebab itu, ia mempersilahkan jika jajarannya ingin mengadakan buka puasa bersama anak yatim atau fakir miskin.

"(ASN) Pemkot tak wajibkan kalau mau (mengadakan) buka puasa bersama silakan. Tapi dengan kaum dhuafa, fakir miskin dan anak yatim," ujar dis.

Sebelumnya Pemkot Surabaya telah menerbitkan Surat Edaran Nomor 100.34/7055/436.8.6/2023 tentang pelaksanaan kegiatan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1444 H/2023 M.

Surat edaran ini telah disebarkan kepada ketua RT/RW, pengurus masjid/mushala, lembaga sosial/keagamaan, hingga pengelola usaha di Surabaya.

"SE sudah sesuai dengan apa yang disampaikan Pak Setkab, yang ada di dalam suratnya Pak Presiden. Jadi tidak ada kalimat di situ yang melarang warga untuk melakukan buka puasa bersama," tutur dia.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/03/27/194307178/wali-kota-surabaya-kalau-pns-mengadakan-buka-puasa-bareng-anak-yatim

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke