Salin Artikel

Ada Penolakan terhadap Timnas Israel, Moeldoko Ingatkan Perjuangan RI Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Menyikapi hal itu, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengingatkan perjuangan Indonesia terpilih menjadi tuan rumah piala dunia U-20

“Saya tidak menanggapi penolakannya, tapi saya ingin menyampaikan bahwa upaya untuk menjadi tuan rumah (Piala dunia U-20) sebuah perjuangan panjang,” kata Moeldoko usai menjadi pemateri kuliah umum di Universitas Jember pada Jumat (24/3/2023).

Menurut dia, pada tahun 2019, ada pertemuan di Bali yang menghasilkan Indonesia disetujui menjadi tuan rumah pada piala dunia U-20.

Prosesnya cukup panjang hingga akhirnya Indonesia terpilih sebagai tuan rumah menyisihkan sejumlah negara.

"Saat itu, pembahasan yang dilakukan murni hanya soal sepak bola, tak terlalu memikirkan aspek politiknya," ujar Moeldoko. 

Untuk itu, kata Moeldoko, pemerintah dipimpin Kementerian Politik Hukum dan Keamanan menggelar rapat. Dalam rapat itu disimpulkan akan ada langkah-langkah pendekatan kepada sejumlah pihak. Termasuk yang menolak. 

“Sehingga nanti mungkin ada solusi atau jalan tengah kita tunggu saja,” pungkas dia.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo enolak Timnas Israel ikut dalam Piala Dunia U-20 di Indonesia.

Ganjar berpendapat, sikap penolakan terhadap Timnas Israel merupakan dukungan dan komitmen untuk kemerdekaan Palestina.

“Sehingga penyelenggaraan Piala Dunia U-20 bisa dilakukan tanpa mengorbankan komitmen panjang kita untuk mewujudkan Palestina merdeka. Serta, tetap menjaga kedamaian sosial-politik di dalam negeri Indonesia,” kata politisi PDI-P itu.

Sikap yang sama juga ditunjukkan Gubernur Bali dan sejumlah kepala daerah lain. Seperti Plt Bupati Nganjuk dan Bupati Probolinggo.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/03/24/153243478/ada-penolakan-terhadap-timnas-israel-moeldoko-ingatkan-perjuangan-ri-jadi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke