Salin Artikel

Fenomena El Nino Diperkirakan Terjadi Saat Panen Raya, Ini Kata Moeldoko

“Oleh karena itu pemerintah bersiap menghadapi fenomena alam El Nino yang membawa dampak kekeringan dan mundurnya musim hujan,” kata dia saat mengisi kuliah umum di Universitas Jember, Jumat (24/3/2023).

Menurut dia, masa panen raya padi masuk pada Desember 2023. Ia pun meminta pemerintah dan petani mengantisipasi risiko gagal panen sehingga tidak menimbulkan gejolak di masyarakat.

“Apalagi tahun 2024 adalah tahun politik,” jelas dia.

Untuk mengatasi krisis pangan, menurut Muldoko, pemerintah sudah melakukan berbagai upaya, seperti melalui intensifikasi dan ekstensifikasi.

Di antaranya melalui usaha peningkatan produksi pangan, pembukaan lahan pertanian baru melalui food estate, termasuk menggalakkan pupuk organik.

Oleh karena itu, Moeldoko mengapresiasi langkah Universitas Jember yang telah banyak menghasilkan produk penelitian terkait ketahanan pangan.

Moeldoko menambahkan, dunia tengah menghadapi tiga masalah besar, yakni krisis pangan, krisis energi, dan krisis keuangan.

Menurut Muldoko, krisis pangan disebabkan adanya kebijakan masing-masing negara yang ingin melindungi produk domestik, fenomena konversi produk pangan menjadi energi dalam bentuk biofuel, dan peristiwa gagal panen gara-gara perubahan iklim.

Semua itu diperparah dengan kejadian perang antara Rusia dengan Ukraina. Gabungan faktor tersebut menjadikan harga produk pangan melejit.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/03/24/142216378/fenomena-el-nino-diperkirakan-terjadi-saat-panen-raya-ini-kata-moeldoko

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke