Salin Artikel

Cerita Bocah Pembawa Ogoh-ogoh dalam Tawur Agung Kesanga di Lumajang

Biasanya, ogoh-ogoh diangkat oleh enam hingga belasan orang dewasa dengan menunjukkan atraksi-atraksi yang menghibur penonton.

Selasa (21/3/2023) malam, pawai ogoh-ogoh di Pura Mandhara Giri Semeru, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur menampilkan 17 buah ogoh-ogoh yang berasal dari lima desa di desa tersebut.

Satu di antaranya cukup mengundang perhatian. Yakni sebuah ogoh-ogoh berukuran mini yang digendong oleh enam bocah yang masih duduk di bangku sekolah dasar (SD).

Dengan semangat dan raut wajah ceria, ogoh-ogoh setinggi 1,5 meter itu diarak keliling Desa Senduro oleh anak-anak tanpa lelah.

Menurutnya, partisipasinya ingin ikut serta mengangkut ogoh-ogoh merupakan inisiatifnya sendiri.

Kiki mengaku tidak lelah meski harus mengarak ogoh-ogoh keliling desa dengan jarak tempuh lebih dari lima kilometer dan melewati jalan yang naik turun.

"Senang. Saya sendiri yang kepingin. Tidak capek karena bareng-bareng," kata Kiki di Lumajang, Selasa (21/3/2023) malam.

Kiki bercerita, sebelum ikut pawai, ia dan teman-temannya berlatih secara otodidak dengan melihat orang-orang dewasa melakukan gerakan atraksi dalam pawai ogoh-ogoh.

"Belajar sendiri. Lihat orang main terus ditirukan," terangnya.

Dama, bocah lain yang turut mengangkat ogoh-ogoh mengatakan, mulai menyukai pertunjukan ogoh-ogoh sebelum pandemi Covid-19.

Namun, dirinya baru bisa menampilkan bakat dan kesenangannya itu tahun ini lantaran tiga tahun sebelumnya, pawai ogoh-ogoh di Pura Mandhara Giri Semeru ditiadakan.

"Memang suka. Sudah lama. Tapi baru bisa tampil," kata Dama.

Sementara, Rianto, pegiat budaya Desa Kandangan, Kecamatan Senduro mengatakan, di desanya banyak anak-anak yang menyukai tradisi pawai ogoh-ogoh.

Bahkan, anak didiknya yang belajar ogoh-ogoh ada yang masih berusia tujuh tahun atau masih kelas satu sekolah dasar.

"Di (desa) Kandangan memang banyak anak-anak yang suka. Paling kecil ada yang kelas 1 (SD). Kita latih dan dampingi kalau tampil jadi nanti kalau tidak kuat langsung kita bantu. Tapi anak-anak yang ikut ini kuat-kuat," terang Rianto.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/03/22/204723578/cerita-bocah-pembawa-ogoh-ogoh-dalam-tawur-agung-kesanga-di-lumajang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke