Salin Artikel

Bayi Ditemukan di Dalam Kardus Pinggir Sawah di Tulungagung, Polisi Gelar Penyelidikan

TULUNGAGUNG, KOMPAS.com - Sosok bayi laki-laki ditemukan dalam kardus di pinggir sawah Desa Pojok, Kecamatan Ngantru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Senin (20/3/2023).

Bayi itu ditemukan dalam kondisi sudah lemah. Bayi dinyatakan meninggal dunia setelah sempat menjalani perawatan medis.

Bayi berjenis kelamin laki-laki tersebut pertama kali ditemukan oleh Riyanto, warga Desa Jaten Kecamatan Wonodadi, Kabupaten Blitar.

Riyanto menjelaskan, ketika perjalanan menuju rumah rekannya di Desa Pojok, ia melihat kardus tergeletak di pinggir jalan area persawahan.

"Saya naik mobil, ketika melintas melihat kardus di pinggir jalan area sawah," kata Riyanto di Puskesmas Ngantru, Tulungagung.

Karena penasaran, Riyanto menghentikan mobilnya dan mundur. Setelah dilihat, isi kardus tersebut berisi bayi yang masih lengkap dengan plasentanya.

"Saya berhenti, mundur. Setelah saya lihat isinya bayi beralaskan selimut. Masih ada tali pusarnya," terang Riyanto.

Kemudian, Riyanto menghubungi istri dan beberapa rekannya untuk meminta saran.

"Saya sempat menghubungi istri dan kawan, takut terjadi apa-apa. Kemudian disarankan agar dibawa ke Puskesmas," terang Riyanto.

Ketika bayi dibawa ke Puskesmas Ngantru, bayi dalam kondisi masih bernapas. Namun, bayi lemas, hidung mengeluarkan cairan dan tidak menangis.

"Bayi tidak menangis, tapi masih bernapas. Saya langsung bawa ke Puskesmas agar bisa selamat," terang Riyanto.

Hingga akhirnya, bayi dinyatakan meninggal dunia ketika menjalani perawatan medis.

Selanjutnya, pihak Polsek Ngantru melaporkan temuan bayi tersebut ke Unit Inafis Sat Reskrim Polres Tulungagung untuk olah tempat kejadian perkara serta identifikasi jasad bayi.

Polisi gelar penyelidikan

Kapolsek Ngantru AKP Sumaji menjelaskan, bayi laki-laki tersebut memiliki berat badan 1,7 kilogram. Diperkirakan bayi malang tersebut lahir secara prematur, berusia 7 bulan dalam kandungan.

"Bayi diperkirakan masih berusia 7 bulan dalam kandungan dan lahir prematur," terang Kapolsek Ngantru AKP Sumaji di tempat kejadian perkara, Senin.

Diduga, bayi tersebut sengaja dibuang oleh seseorang sekitar pukul 09.00 WIB. Kemudian, bayi ditemukan dua jam kemudian.

Atas kasus tersebut, polisi telah melakukan olah TKP mencari barang bukti di lokasi kejadian. Polisi juga melakukan serangkaian penyelidikan guna mengungkap pelaku pembuangan bayi tersebut.

"Saat ini polisi melakukan penyelidikan, guna mencari dan menangkap pelaku pembuang bayi tersebut," terang Sumaji.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/03/21/073202878/bayi-ditemukan-di-dalam-kardus-pinggir-sawah-di-tulungagung-polisi-gelar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke