Salin Artikel

Eko Adis Resmi Gantikan Anang Akhmad sebagai Ketua DPRD Lumajang

Eko Adis dilantik setelah DPRD Lumajang menerima Surat Keputusan Gubernur Jawa Timur pada 16 maret 2023, tentang peresmian pengangkatan pemberhentian Ketua DPRD Lumajang.

Sidang paripurna pengambilan sumpah jabatan Eko Adis berlangsung di ruang sidang paripurna DPRD Lumajang pukul 16.00 WIB. Sidang paripurna itu dipimpin Wakil Ketua DPRD Lumajang Bukasan.

Saat memimpin sidang, Bukasan menyampaikan alasan pergantian Ketua DPRD Lumajang karena pimpinan DPRD menerima surat permohonan dari DPC PKB Lumajang.

"Pimpinan DPRD Lumajang telah menerima surat dari DPC PKB Lumajang pada tanggal 28 januari 2023 tentang pergantian pimpinan DPRD Lumajang," kata Bukasan di Lumajang, Senin.

Menurutnya, terpilihnya Eko Adis karena pengganti ketua DPRD yang berhenti harus berasal dari partai yang sama, sesuai dengan peraturan DPRD.

"Pengganti pimpinan DPRD yang berhenti berasal dari parpol yang sama," jelasnya.

Ketika itu, mahasiswa menggeruduk gedung DPRD Lumajang karena menolak kenaikan harga BBM. Mahasiswa yang masuk ke ruang paripurna meminta Anang membaca Pancasila di depan mahasiswa.

Saat menyebutkan sila keempat, Anang salah mengucapkannya hingga dua kali kesempatan.

"Empat, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat dalam kebijaksanaan dan permusyawaratan," ucap Anang di depan massa aksi dalam video yang beredar di media sosial.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/03/20/205224378/eko-adis-resmi-gantikan-anang-akhmad-sebagai-ketua-dprd-lumajang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke