Salin Artikel

Alun-alun Tugu Malang Akan Direvitalisasi, Pemkot Siapkan Rp 6,9 Miliar

Untuk revitalisasi, Pemkot menyiapkan anggaran Rp 6,9 miliar.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang, Noer Rahman Wijaya mengatakan, beberapa rencana perbaikan akan dilakukan.

Di antaranya menitikberatkan pengerjaan normalisasi saluran air. Sebab, kerap muncul genangan Alun-alun Tugu saat turun hujan.

Kemudian, pengerjaan pelebaran pedestrian, mempercantik bangku taman, penambahan sarana penyandang disabilitas, hingga renovasi taman yang akan lebih tertata lagi.

Namun, dia belum belum bisa menyampaikan gambaran secara utuh untuk renovasi taman.

"Kami tidak merubah bentuk Alun-alun Tugu-nya, hanya beberapa pendukung seperti pagar (di kolam teratai) kita akan perbaiki, landscape, pelebaran pedestrian, sarpras pendukung untuk penyandang disabilitas dan lainnya," kata Noer Rahman pada Senin (13/3/2023).

Untuk konsep perencanaan dari revitalisasi atau Detail Engineering Design (DED) Alun-alun Tugu sudah rampung dikerjakan.

Saat ini, pihaknya akan segera mengirim dokumen pengadaan ke Bagian Layanan Pengadaan (BLP) Pemkot Malang.

"Pelaksanaan masih menunggu mekanisme tender, jadi masih proses pengiriman ke BLP untuk dilakukan proses tender, Insya Allah enggak lama lagi," katanya.

Sebagai informasi, taman Alun-alun Tugu seringkali dikunjungi oleh masyarakat dan wisatawan untuk sekadar duduk-duduk santai menikmati suasana dan berswafoto.

Tempat itu juga dilengkapi dengan kolam teratai dan lampu-lampu hias yang tampak cantik ketika malam hari.

Lokasi Alun-alun Tugu berada di tengah kota, atau tepatnya di Jalan Tugu, Kelurahan Kiduldalem, Kecamatan Klojen. Letaknya juga dekat dengan Balai Kota Malang dan Stasiun Baru Kota Malang.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/03/14/075541678/alun-alun-tugu-malang-akan-direvitalisasi-pemkot-siapkan-rp-69-miliar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke