Salin Artikel

Warga Mengeluh Jalan Berlubang di Kota Malang, Pemkot Mengaku Rutin Lakukan Penambalan

Lewat akun Instagram @angelfsp_, warga tersebut mengeluh velg belakang motor matik miliknya ringsek setelah melalui jalan berlubang.

Peristiwa itu dialaminya di Jalan Saxophone, Tunggulwulung, Kecamatan Lowokwaru, Malang, Sabtu (11/3/2023). 

Pemilik akun @angelfsp_ itu mengaku tak bisa menghindari lubang karena lalu lintas di jalan tersebut cukup ramai. Saat kejadian, dirinya mengendarai motor dengan pelan di belakang sebuah mobil.

"Mobil di depan bisa menghindar, tetapi saya enggak bisa karena jaraknya dekat dan kejadiannya cepat sekali. Ternyata itu juga ada yang mengalami kejadian serupa seperti saya, itu saya tahu setelah saya lewat sana lagi setelah membetulkan sepeda motor saya," kata pemilik akun Instagram @angelfsp_ saat dihubungi via direct message, Senin (13/3/2023).

Menanggapi hal itu, Kepala DPUPRPK Kota Malang Dandung Djulhardjanto mengatakan, penanganan jalan rusak menjadi program prioritas Pemkot Malang.

Dinas PUPRPK setiap hari melakukan pekerjaan penambalan jalan berlubang.

"Rutin kita lakukan setiap malam selama tidak hujan, seperti kemarin (Minggu 12/3/2023) malam di Jalan Puncak Esberg sama di putaran Jalan Tidar, dua hari lalu di daerah Babatan, Cemorokandang," kata Dandung di Kota Malang, Senin (13/3/2023).

"Bisa tiga sampai lima ruas, tergantung dari jumlah titik dan panjang ruas, katakanlah ruasnya panjang tapi titik lubangnya sedikit ya bisa kita garap banyak ruas," katanya.

Menurut Dandung, kerusakan jalan memang rentan terjadi saat musim hujan.

"Karena musuh aspal itu air, jadi kadang kalau ada lubang sedikit kena air akan merantak, tetapi kita lakukan penanganan," katanya.

Dia menegaskan, penyebab jalan berlubang bukan karena kualitas aspal yang jelek. Selain hujan, kendaraan yang kelebihan muatan juga mempengaruhi kondisi jalan.

"Kayak banyak mobil seperti angkutan barang over tonase, itu menjadi salah satu penyebab, bebannya terlalu berat dan volume kendaraan juga banyak yang lewat," katanya.

Untuk pemeliharaan kerusakan jalan, Pemkot Malang menganggarkan dana sekitar Rp 5 miliar sampai Rp 7 miliar pada 2023. Selain itu, akan ada pengerjaan jalan rusak dan jalan baru dengan proses tender.

"Seperti di Jalan Kyai Ageng Gribig tahun ini akan dilakukan overlay dari ujung utara jembatan Kedungkandang sampai dengan simpang tiga Danau Toba akan dilakukan overlay, sambil menunggu overlay dilakukan penambalan untuk mencegah terjadinya kecelakaan," katanya.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/03/13/141944078/warga-mengeluh-jalan-berlubang-di-kota-malang-pemkot-mengaku-rutin-lakukan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke