Salin Artikel

Lagu "Indonesia Raya" Akan Berkumandang di Surabaya Setiap Hari, Semua Aktivitas Berhenti Sejenak

Kebijakan yang dibuat oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi tersebut rencananya mulai diterapkan pada pekan ini.

Eri menginginkan semua aktivitas di Kota Surabaya berhenti sejenak ketika lagu "Indonesia Raya" dikumandangkan, termasuk bagi para pengendara yang melintas di jalan.

"Jadi kita tentukan jamnya, misalnya pukul 07.00 WIB, di semua sekolah, kantor dinas, balai kota, kita menyanyikan lagu 'Indonesia Raya', semua aktivitas berhenti (sejenak), setelah itu lanjut (aktivitas lagi)," kata Eri di Surabaya, Senin (13/3/2023).

Eri menyampaikan, kebijakan ini akan dilakukan secara bertahap.

Selaku orang nomor satu di Kota Pahlawan, Eri terlebih dulu akan memberikan contoh kepada jajarannya dan masyarakat Kota Surabaya.

Dengan demikian, secara bertahap semua sektor bisa menerapkan kebijakan itu bersama-sama.

Sebab, pada saat menyanyikan lagu "Indonesia Raya", semua orang diminta dan mengambil makna dari lagu kebangsaan tersebut.

"Bertahap, kita putar di sekolah dan balai kota, semua kantor dinas, setelah itu perkantoran. Kita akan beri contoh. Jadi harus berdiri, tidak boleh duduk," ucap Eri.

Eri berharap warga Surabaya juga turut mengamalkan makna lagu tersebut di dalam kehidupan.

Eri meminta lagu kebangsaan ini tak sekadar dihafalkan, tapi benar-benar diambil makna dari lagu tersebut karena syair-syair dalam bait lagu tersebut dinilai memang luar biasa untuk menumbuhkan semangat kebangsaan.

"Ini yang mau saya ajarkan di Surabaya agar anak-anak yang kelak menjadi pemimpin di Surabaya memiliki jiwa kebangsaan yang besar," ujar Eri.

Eri menambahkan, kebijakan mengumandangkan lagu "Indonesia Raya" ini bertujuan untuk memupuk rasa cinta Tanah Air masyarakat Kota Surabaya.

"Bangsa ini ketika ingin menciptakan kesejahteraan, kemakmuran, maka secara otomatis harus memiliki rasa cinta tanah air. Kalau memiliki rasa cinta tanah air, maka memiliki rasa gotong-royong. Membakar rasa cinta tanah air itu (salah satunya) dengan lagu kebangsaan kita, 'Indonesia Raya'," tutur Eri.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/03/13/112102778/lagu-indonesia-raya-akan-berkumandang-di-surabaya-setiap-hari-semua

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke