Salin Artikel

Soal Imbauan Tidak Latihan pada Sabtu dan Minggu, Pesilat di Magetan Curhat ke Kapolda Jatim

Anggota Dewan Pembina Ikatan Pesilat Seluruh Indonesia (IPSI) Magetan Nanang mengatakan, kebanyakan murid perguruan silat di Kabupaten Magetan adalah pelajar.

Imbauan tersebut, kata dia, akan mengganggu kegiatan belajar mengajar para pesilat muda tersebut.

“Anggota kami itu kebanyakan  anak-anak sekolah, sehingga kami hanya bisa memanfaatkan hari Sabtu dan Minggu agar tidak mengganggu belajar mereka,” ujar Nanang di Pendopo Surya Graha, Jumat (10/3/2023).

Nanang berharap Kapolda Jatim memberikan dukungan terhadap slogan baru IPSI yang berbunyi seng akur kabeh sedulur. Slogan itu ditetapkan untuk mengukuhkan kebersamaan para pesilat di Magetan.

Nanang menceritakan, slogan itu merupakan gagasan Kapolres Magetan AKBP Muhammad Ridwan saat menggelar turnamen pencak silat Kapolres Cup beberapa waktu lalu.

“Kebetulan kami sebagai anggota IPSI belum mempunyai slogan secara kebersamaan. Kami izin slogan dari Pak Kapolres kami jadikan slogan kebersamaan,” imbuhnya.

Toni menyebutkan, perselisihan antara sejumlah perguruan silat di Jawa Timur sudah menimbulkan korban luka dan jiwa.

Hal itu menjadi latar belakang munculnya imbauan agar perguruan silat tak menggelar latihan di Sabtu dan Minggu. Imbauan itu diharap bisa meminimalkan munculnya konflik.

“Setelah saya memetakan di mana ada aktivitas berkumpul bergerombol, persoalan timbul di waktu itu tadi. Setelah ada imbauan itu menurun, karena tidak ada pertemuan fisik antara anggota pencak silat,” katanya.

Terkait permintaan para pesilat di Kabupaten Magetan, Toni mengaku mempertimbangkannya. Apalagi selama ini, belum pernah terjadi konflik antara perguruan silat di Magetan.

“Silakan kalau kapolres ada pertimbangan di sini, karena tidak ada keributan antarperguruan silat di sini ,” ujarnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/03/10/155958278/soal-imbauan-tidak-latihan-pada-sabtu-dan-minggu-pesilat-di-magetan-curhat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke