Salin Artikel

Dugong Ditemukan Mati Terdampar di Perairan Pulau Bawean Gresik

GRESIK, KOMPAS.com - Dugong atau yang juga dikenal dengan duyung ditemukan mati terdampar di pinggiran pantai di Desa Lebak, Kecamatan Sangkapura, Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Kamis (9/3/2023).

Kepala Desa Lebak, Fadal mengatakan, dugong tersebut ditemukan nelayan dengan posisi telentang saat air laut sedang surut sekitar pukul 08.00 WIB.

"Dugong ditemukan nelayan tadi pagi, sudah mati. Kemungkinan terbawa ombak hingga ke bibir pantai. Ini ketiga kalinya di wilayah perairan laut kami ditemukan dugong mati," ujar Fadal saat dihubungi awak media, Kamis.

Fadal menduga, ada kerusakan ekosistem laut di perairan Rabe hingga menyebabkan tiga dugong mati dalam waktu hampir bersamaan.

"Pasti ada kerusakan ekosistem laut di perairan Rabe. Sehingga kami mohon pihak terkait bisa melakukan tindak lanjut agar kelestarian hayati laut di Bawean tetap terjaga," ucap Fadal.

Kepala Resort Konservasi Wilayah (RKW) 11 Pulau Bawean pada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Timur, Nur Syamsi menjelaskan, pihaknya sudah terjun langsung melihat temuan dugong mati terdampar di perairan Rabe tersebut. Pihaknya juga telah melakukan identifikasi sekaligus melakukan pengukuran tubuh dugong.

"Panjangnya 86 sentimeter, lingkar badan 130 sentimeter, lebar ekor 58 sentimeter dan panjang sirip 33 sentimeter. Berjenis kelamin jantan, serta mengalami luka sirip sebelah kiri kemungkinan akibat benturan karang laut. Diperkirakan sudah tiga hari lebih dugong itu mati,” kata Nur Syamsi.

Nur Syamsi menambahkan, pihaknya akan menyelidiki penyebab kematian dugong tersebut. Apakah berkaitan dengan kerusakan ekosistem laut atau ada penyebab lainnya.

Sebelumnya, dugong ditemukan dalam keadaan mati dan terdampar di lokasi yang sama pada akhir 2022 dan pada Februari 2023.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/03/09/210932878/dugong-ditemukan-mati-terdampar-di-perairan-pulau-bawean-gresik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke