Salin Artikel

Member Robot Trading ATG Wahyu Kenzo Capai 25.000 Orang, Kerugian Rp 9 Triliun

SURABAYA, KOMPAS.com - Kepala Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur Irjen Toni Hermanto menyebutkan, robot trading Auto Trade Gold (ATG) yang dioperasikan crazy rich Surabaya Wahyu Kenzo bermasalah.

Menurut dia, dugaan awal kerugian member ditaksir mencapai sekitar Rp 9 triliun.

"Hitungan awal, kerugian member mencapai Rp 9 triliun, karena member mencapai 25.000 lebih," katanya kepada wartawan di Mapolda Jatim, Rabu (8/3/2023).

Bahkan, kata Toni, member robot trading ATG tidak hanya berasal dari dalam negeri, tetapi juga berasal dari luar negeri, seperti Perancis dan Rusia.

"Membernya dalam dan luar negeri," terangnya.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jatim Kombes Dirmanto mengatakan, Polresta Malang Kota dan Polda Jatim membuka hotline pengaduan bagi warga yang merasa menjadi korban penipuan robot trading ATG di nomor 0811379020.

"Warga yang merasa dirugikan dengan robot trading ATG bisa melapor ke kami," jelasnya.

Wahyu Kenzo ditetapkan sebagai tersangka oleh Polresta Malang Kota dalam kasus robot trading Auto Trade Gold (ATG) yang dioperasikannya.

"Yang bersangkutan WK kita tangkap pada Sabtu (4/3/2023), dan pada Minggu (5/3/2023) yang bersangkutan ditetapkan tersangka," kata Kapolresta Malang Kombes Budhi Hermanto di Mapolda Jatim, Rabu (8/3/2023).

Sebelumnya, penyidik Polresta Malang Kota melayangkan dua kali pemanggilan terhadap Wahyu Kenzo, tetapi crazy rich Surabaya itu tidak hadir.

"Kita panggil dua kali tapi tak hadir, akhirnya pada 4 Maret 2023 kita jemput paksa," jelasnya.

Pemanggilan terhadap Wahyu Kenzo terkait laporan polisi nomor LP/B/447/IX/2022/SPKT/POLRESTA MALANG KOTA/POLDA JATIM tertanggal 22 September 2022.

Dari laporan tersebut, MY selaku pelapor, melaporkan Wahyu Kenzo setelah MY gagal menarik dana segar dari aplikasi robot trading yang dioperasikan Wahyu Kenzo.

"Korban hendak melakukan penarikan sebesar 25.000 dollar AS, namun gagal. Ditarik 2.000 dollar AS pun juga gagal. Bahkan, penarikan lebih kecil dari itu pun juga masih pending," jelasnya.

MY bergabung dengan robot trading Auto Trade Gold (ATG) pada November 2021. Dia membeli mesin robot dengan memberikan uang kepada pihak Wahyu Kenzo sebesar Rp 42 juta dan deposit lebih dari Rp 1 miliar.

Awalnya, korban menerima keuntungan seperti dijanjikan Wahyu Kenzo. Karena itu, pada Januari 2022, MY mentransfer kembali sebesar lebih dari Rp 4 miliar.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/03/08/165554578/member-robot-trading-atg-wahyu-kenzo-capai-25000-orang-kerugian-rp-9

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke