Salin Artikel

Cucu Pendiri NU Ini Sebut AHY Cawapres Ideal Bagi Anies Baswedan: Muda, Santun, dan Berjejaring Global

KOMPAS.com - KH Abdullah Muzakka atau yang akrab disapa Gus Aab menilai, Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) layak menjadi calon wakil presiden (cawapres) mendampingi Anies Baswedan pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Kalau ditanya terkait Cawapres Anies Baswedan, jawaban saya AHY adalah calon yang paling potensial dan tepat," kata ulama muda dari Ponpes Riyadus Sholihin Jember, Jawa Timur (Jatim), dikutip dari TribunJatim.com, Sabtu (4/3/2023).

Cucu dari dua pendiri Nahdlatul Ulama (NU), KH Muhammad Shiddiq (Jember) dan KH Wahab Hasbullah (Jombang) itu menyampaikan bahwa kemenangan Pilpres 2024 akan ditentukan oleh ketepatan dalam memilih cawapres.

Menurutnya, terdapat beberapa kriteria ideal yang harus dipenuhi oleh cawapres pendamping Anies Baswedan pada Pilpres 2024.

"Saya menganalisis kriteria cawapres yang ideal itu harus muda, energik, punya gaya politik yang santun, dan tak kalah penting juga berjejaring global," ujar Gus Aab.

"Karena Indonesia ke depan harus menjadi pemain utama dalam kompetisi global, dan kriteria itu ada di AHY, apalagi dia punya tagline 'perubahan dan perbaikan'," imbuhnya.

Berbakti kepada orangtua

Gus Aab mengaku, dia pernah bertemu dan berkomunikasi secara langsung dengan AHY saat ziarah bersama ke makam KH Muhammad Siddiq.

Gus Aab pun mengatakan, dia telah memantau kiprah AHY sejak lama. Dia menyoroti pilihan AHY untuk mundur dari militer demi berbakti kepada orangtuanya.

Dia menilai, keputusan AHY tersebut adalah hal yang luar biasa dan berdimensi spiritual. Pasalnya, keberhasilan seseorang bisa dipengaruhi restu orangtua.

"Ini adalah catatan yang sangat penting bagi kami kaum pesantren, kesakralan berbakti kepada kedua orang tua yang dilakukan mas AHY ini luar biasa," ucap Gus Aab.

"Meninggalkan karier demi melaksanakan titah kedua orang tua, dan ini bekal dan energi besar bagi seseorang yang akan menjadi pemimpin besar," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di TribunJatim.com dengan judul "Cucu Pendiri NU Sebut AHY Jadi Figur Tepat Pendamping Anies Baswedan di Pilpres 2024"

https://surabaya.kompas.com/read/2023/03/04/195433378/cucu-pendiri-nu-ini-sebut-ahy-cawapres-ideal-bagi-anies-baswedan-muda

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke