Salin Artikel

Menpan RB: Banyak ASN Milenial Ingin Pindah ke IKN

MALANG, KOMPAS.com - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas menyampaikan, banyak Aparatur Sipil Negara (ASN) berusia muda atau milenial tertarik pindah ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada 2024. Azwar Anas mengaku belum menerima laporan adanya ASN yang menolak.

"Belum ada laporan ke kami yang menolak, justru banyak yang ingin ke sana, terutama mereka anak-anak muda milenial," kata Azwar Anas usai menghadiri pemberian gelar Doktor Kehormatan Honoris Causa dari Universitas Brawijaya kepada Erick Thohir di Malang, Jumat (3/3/2023).

Bahkan, beberapa ASN di daerah mengajukan diri ke Kemenpan RB untuk bisa bekerja di IKN. Menurutnya, IKN menjanjikan sesuatu yang menarik bagi ASN muda untuk menjalankan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik atau SPBE.

"Ada beberapa ASN yang mengajukan ke kami dari daerah yang ingin ikut ke sana, terutama anak muda yang memiliki kompetensi secara teknologi. Karena di IKN akan menerapkan layanan basic-nya dengan teknologi atau SPBE. Ini opporunity-nya bagus sekali untuk anak-anak milenial," katanya.

Rencananya, total ada 16.990 ASN yang akan pindah ke IKN. Rumah dinas bagi ASN tengah disiapkan berupa tower apartemen yang berada di ring 1 atau dekat dengan Istana Negara.

Nantinya, akan ada simulasi sebelum ASN itu benar-benar dipindahkan.

"Untuk menyiapkan towernya hampir tidak ada isu, karena anggarannya sudah disiapkan dan telah proses sekarang ini. Karena memang sekarang masih proses beberapa simulasi dari mereka yang akan diajak ke sana," katanya.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/03/03/170233378/menpan-rb-banyak-asn-milenial-ingin-pindah-ke-ikn

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke