Salin Artikel

Bantuan Logistik Tiba di Pulau Masalembu Sumenep yang Terisolasi Imbas Cuaca Ekstrem

Bantuan bahan pokok itu diangkut dengan kapal milik TNI AL, KRI Malahayati-362.

Kapal perang jenis Korvet ini membawa bantuan sembako dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa usai Pulau terluar di Sumenep itu mengalami krisis imbas c,uaca ekstrem.

"KRI Malahayati 362 yang membawa bantuan logistik untuk masyarakat Pulau Masalembu telah tiba di Perairan laut Masalembu," kata Komandan KRI Malahayati 362 Letkol P Fuad Hasan dalam keterangannya, Kamis (2/3/2023).

Letkol Fuad menyebutkan, KRI Malahayati-362 sendiri tiba di perairan Masalembu sekitar pukul 06.30 WIB.

KRI Malahayati 362 memilih untuk berlabuh atau lego jangkar di perairan sebelah Timur Pulau Masalembu dengan jarak sekitar 2 mil dari bibir pantai.

Bantuan Logistik yang terdiri dari beras 25 ton, minyak goreng 1.000 bungkus, sarden 700 kaleng, dan mie instan sebanyak 10.000 pcs, Gula 5 ton dan elpiji mulai bongkar dari KRI Malahayati 362 sekitar pukul 09.00 WIB. Proses bongkar logistik baru selesai sekitar pukul 15.30 WIB.

"Proses bongkar muat barang dilakukan menggunakan Perahu untuk dibawa ke darat selanjutnya dimuat Truk menuju Kantor Kecamatan Masalembu,"

Terpisah, Kepala Desa Masalima, Kecamatan Masalembu, Darussalam mengaku pihak kecamatan hingga Desa di Masalembu akan melakukan rapat terkait teknis penyaluran.

"Bantuan telah tiba di pulau Masalembu, saat Ini sedang dikonsolidasi di kantor kecamatan Masalembu dan akan didistribusikan berdasar mitigasi wilayah dengan skala prioritas kepadatan dan kerentanan kawasan penduduk," kata dia.

Ia berharap, krisis pangan dan cuaca ekstrem di Masalembu bisa segera berakhir. Pihak desa, lanjut dia, juga akan belajar bagaimana cara mengelola pangan untuk mengantisipasi krisis.

"Stok sembako yang biasanya di perankan oleh pedagang dan berjalan sebagaimana hukum pasar yang bersandar pada supply dan demand akan kami upayakan tercipta perimbangan dengan intervensi pemerintah desa melalui BUMDES," pungkasnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/03/02/165732478/bantuan-logistik-tiba-di-pulau-masalembu-sumenep-yang-terisolasi-imbas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke